Cara Mempercantik Suara Lovebird

Advertisement
Advertisement
Semua penghobi lovebird tentu menginginkan lovebird kesayangannya memiliki suara yang bagus, ngekek panjang. Lovebird memang terkenal sebagai burung kicau yang cerdas, selain itu juga suaranya bagus dan terkenal dengan sebutan "ngekek".

Pada dasarnya suara lovebird yang alami itu sudah bagus, namun kebanyakan penghobi lovebird kurang puas, dan terus berusaha agar lovebird kesayangannya memiliki suara yang lebih cantik lagi (baca: suara lovebird lutino dan suara lovebird albino). Nah, bagi sobat yang ingin memiliki lovebird yang mampu berkicau bagus, maka kali ini akan kami share tips mengenai cara mempercantik suara lovebird.

lovebird bersuara cantik, lovebird bersuara, lovebird cantik, suara lovebird, lovebird

Sebenarnya, masing-masing penghobi lovebird memiliki teknik yang tersendiri dan berbeda-beda, karena setiap penghobi memiliki pengalaman masing-masing dalam merawat dan memelihara lovebird nya. Ada 2 teknik yang umumnya digunakan oleh penghobi lovebird untuk mempercantik suaranya diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Teknik melatih napas
Agar lovebird bisa bernapas panjang, maka salah satu caranya adalah dengan melatih pernapasannya. Salah satu cara yang sering digunakan adalah meletakkan lovebird pada kandang umbaran, dengan begitu ruangnya lebih luas, dan lovebird dapat leluasa bergerak dan olahraga. Semakin banyak geraka, maka semakin terlatih pernapasannya. Dengan begitu tarikan suaranya bisa lebih panjang, dan selain itu juga dapat membuat lovebird lebih sehat, karena semakin banyak bergerak maka dapat membakar lemak-lemak berlebih dalam tubuhnya. Selain itu, untuk melatih apas panjang juga bisa dengan memandikannya hingga basah kuyup, kemudian jemur lebih lama dari biasanya.

2. Teknik melatih suara
Burung lovebird selain memiliki suara yang unik juga terkenal akan kecerdasannya, terutama dalam menirukan suara burung lainnya. Memaster merupakan salah satu kegiatan yang efektif dalam melatih dan memancing lovebird agar bersuara, selain itu juga membuat lovebird memiliki suara-suara yang lebih bervariasi. Karena dalam lomba, variasi lagu merupakan salah satu faktor penting yang dinilai, semakin banyak lagu maka semakin bagus.Dalam memaster lovebird sebaiknya memilihkan suara master yang tepat dan sesuai dengan karakter suaranya, agar lebih mudah dalam menirukannya. Lakukan kegiatan masteran ini sesering mungkin, dengan begitu lovebird akan terbiasa dan semakin cepat bisa menirukan suara master.

Nah, itulah pembahasan singkat dari kami mengenai tips mempercantik suara burung lovebird, bisa sobat ambil poin-poinnya untuk dipraktekkan pada lovebird kesayangan anda.