7 Cara Menjinakan Lovebird yang Praktis dan Efektif

Advertisement
Advertisement
7 Cara menjinakan Lovebird yang paling praktis dan efektif adalah dengan melakukan setiap tahap penjinakan dengan baik dan benar, sehingga hasil yang akan didapatkan juga akan seperti yang Anda harapkan.

Tapi selain menerapkan cara ini, Anda juga harus ingat, perawatan LB merupakan yang utama dan selalu diutamakan dalam segala hal. Maka dari itu, di samping menerapkan cara ini, wajib hukumnya untuk selalu merawat dan memberikan pelatihan pada burung cantik yang satu ini

lovebird jinak

Cara Mudah Menjinakan Lovebird yang praktis dan Efektif
Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk menjinakan burung LB yang sedang Anda pelihara:

1. Potong sayapnya
Memang terlihat kejam, namun cara ini tidak sekejam yang Anda kira. Pemotongan sayap ini dilakukan untuk mencegah burung terbang jauh. Caranya pun dilakukan dengan teknik dan pehitungan yang matang, sehingga hanya sayap terbangnya saja yang dipotong. Dengan cara ini, burung akan lebih jinak dan bisa Anda ajak main di luar sangkar.

2. Jangan beri dia pakan
Tidak memberikan pakan bukan berarti menyiksa burung yang satu ini. Dengan cara ini, burung justru akan lebih dekat dengan manusia, sehingga Ia akan lebih jinak pada pemiliknya. Cara menjinakan burung Lovebird yang praktis ini pun hanya dilakukan 2 jam, yaitu jam 7 – 9 pagi, atau jam dimana burung ini makan.

Cukup bersihkan pakan di sangkar burung, termasuk pakan di cepuk. Tunggu hingga burung mendekati Anda. Setelah itu, sodorkan pakan padanya. Lakukan Cara ini setidaknya 1 – 2 minggu berturut turut hingga burung jadi jinak dan dekat dengan Anda.

3. Tempatkan burung di tempat yang ramai
Cara ini baiknya dilakukan untuk burung dengan kondisi mental baik. Karena jika tidak, burung akan cenderung stres dan uring-uring. Namun untuk burung dengan mental baik, cara ini akan melatih untuk terbiasa dengan keberadaan manusia, termasuk kepada Anda selaku pemilik dan perawatnya.
Tempatkan burung di tempat yang ramai. Bisa di teras, depan rumah, halaman, bahkan pinggir jalan. Intinya, cara menjinakan Lovebird yang efektif ini menuntut Anda untuk menempatkan burung cantik ini di tempat-tempat yang banyak dilalui orang banyak.

4. Pegang dia saat mandi
Memang terdengar lumayan ekstrim. Namun cara ini justru baik untuk mendekatkan burung dengan pemiliknya. Yang terpenting, lakukan cara ini pada burung yang tenang dan tidak dalam kondisi stres atau pun panik. Karena jika tetap dilakukan, cara ini justru akan berdampak burung pada perkembangan mental burung itu sendiri.

Untuk Anda yang ingin menerapkan cara ini, cukup siapkan baskom berisikan air. Mandikan burung di atasnya. Usap dan berikan perawatan mandi sebagaimana bayi manusia. Tapi Anda juga harus ingat. Lakukan cara ini dengan perlahan dan tenang agar burung tidak panik dan stres.

5. Mandikan burung dengan metode semprotan
Selain cara gampang menjinakan Lovebird dengan metode mandi baskom, Anda juga bisa menggunakan cara ini sebagai cara yang efektif untuk menjinakan burung. Cukup lakukan pemandian rutin dengan cara penyemprotan. Jangan terlalu kencang agar air tidak masuk ke mata dan tertelan burung.

6. Sering-seringlah lakukan kontak dengan burung Anda
Kontak di sini bukan berarti kontak fisik, melainkan aktivitas untuk meningkatkan kedekatan antara burung dan pemilik. Bisa dengan memberikan pakan, mengajaknya bermain, bersiul di depannya, atau pun yang lainnya. Cara ini dinilai efektif untuk meningkatkan kedekatan burung dengan Anda, sehingga burung pun akan lebih jika dan terbiasa dengan keberadaan Anda.

7. Rawatlah burung sejak dini
Cara menjinakan Lovebird paling cepat dan dinilai paling efektif adalah dengan merawatnya saat dalam kondisi anakan. Jika Anda melakukan cara ini, kedekatan Anda dan burung akan terjalin dengan baik, sehingga untuk urusan jinak, burung yang dirawat sejak anakan pasti akan lebih jinak ketimbang burung yang mulai dirawat saat Ia dewasa.

Pada dasarnya, menjinakan burung itu bisa dilakukan dengan berbagai cara, terserah Anda mau pilih yang mana. Tapi jika berbicara efektivitas dan kemudahan, maka 7 cara menjinakan Lovebird praktis dan efektif inilah yang baik untuk Anda terapkan.