Metode dan Cara Merawat Lovebird yang Paling Dianjurkan

Advertisement
Advertisement
Cara Merawat Lovebird yang paling dianjurkan memang sangat baik untuk pemilik burung, khususnya untuk Anda yang masih pemula dan belum mengerti benar tentang tata cara perawatan pada umumnya. Di samping membuat burung jadi lebih sehat dan bugar, cara ini pun akan memastikan kondisi performanya tetap terjaga.

Tapi sebelum Anda menerapkan perawatan ini, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui. Pertama, perawatan ini akan memberikan dampak baik apabila Anda juga menerapkannya dengan penerapan terbaik. Kedua, perawatan ini juga harus disertai dengan pemberian jenis pakan sebagaimana pakan yang sering diberikan untuk burung LB pada umumnya (baca: makanan lovebird).

merawat lovebird

Cara Merawat Lovebird yang Paling Dianjurkan
Berikut adalah tata cara merawat LB yang harus Anda terapkan untuk menjaga dan merawat kesehatan serta perfroma LB:

1. Pemilihan kandang yang tepat
Memang cara ini terlihat tidak termasuk dalam perawatan. Namun jika ditinjau lebih jauh, pemilihan kandang yang ideal justru cara awal untuk merawat burung. Dengan memberikan kandang yang ideal, burung akan jadi lebih aman dan nyaman, sehingga baik kesehatan atau pun performanya akan terjaga dengan baik.

Kandang sendiri memiliki ukuran dan jenis yang berbeda, terserah Anda, pilih mana yang terbaik dan cocok dengan kondisi burung yang Anda miliki. Yang terpenting, apapun kandang yang digunakan, kandang haruslah nyaman dan bersih.

2. Berikan pakan yang berkualitas baik
Ini yang penting. Inti dari cara merawat Lovebird yang paling dianjurkan ialah memberikan asupakan pakan yang baik untuk kesehatan dan peningkatakan performa LB. Jenis dari pakan ini pun beragam, ada kangkung, kuning telur rebus, buah, sayur, dan beragam pakan lainnya, termasuk EF dan Millet sebagai pakan utamanya.

3. Jaga kesehatannya
Menjaga kesehatan itu penting, apalagi untuk burung kicauan seperti ini. Karena dengan kesehatan yang terjaga, performa burung pun akan lebih menonjol, bahkan meningkat dengan sendirinya.

Adapun hal-hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan burung ialah:
  • Berikan pakan yang bersih, sehat, dan teratur.
  • Jangan lupa, bersihkan kandang, cepuk, dan keramba burung secara rutin dan teratur.
  • Berikan pula multivitamin, agar asupan nutrisinya terpenuhi.

4. Lakukan perawatan rutin
Perawatan rutin sendiri merupakan induk dari cara merawat Lovebird yang dianjurkan ini. Dengan melakukan beragam perawatan secara rutin, baik kondisi kesehatan atau pun performa burung akan lebih terjaga dengan baik, sehingga tampilannya akan lebih prima dan sehat.

Di bawah ini adalah beragam perawatan rutin yang harus dilakukan demi menjaga kesehatan dan performa burung kesayangan Anda:
  • Mulai jam 7.00 pagi, mulailah aktivitas dengan mengangin-anginkan burung di tempat terbuka. Lakukan cara ini setidaknya 15 – 30 menit.
  • Jam 7.30 pagi, mandikan burung dengan metode semprot. Anda juga bisa menggunakan metode baskom. Tapi baik metode semprot atau pun baskom, keduanya sama-sama baik, jadi cocok untuk digunakan.
  • Setelah jam 7.50, atau saat setelah burung mandi, metode atau cara merawat Lovebird yang dianjurkan ini pun dilanjutkan dengan mengangin-anginkan LB sampai 15 menit.
  • Setelah 15 menit, atau setelah jam 8.15 pagi, burung harus diberikan pakan berupa EF dan pakan utama.
  • Setelah jam 8.45, atau setelah burung selesai makan, lakukan proses pemasteran selama 2 jam, atau sampai sampai pukul 11.00 siang.
  • Jam 11.00 barulah burung diistirahatkan.
  • Pada jam 4 sore, tempatkan burung di teras. Biarkan Ia sampai 30 menit. Setelah itu, barulah berikan Ia EF dan pakan kembali.
  • Setelah jam 5 sore, atau setelah Ia selesai makan, tutup sangkarnya dengan kerodong dan biarkan Ia beristirahat. Jangan lupa untuk putar masteran, kalau perlu sampai pagi, untuk melatih kualitas suaranya.

5. Berikan mainan
Kendati terdengar aneh, namun metode atau cara merawat Lovebird malah bagus untuk meningkatkan mental burung. Dengan cara ini burung akan lebih tenang, rileks, dan betah di sangkar. Jenis mainan yang bisa diberikan sendiri beragam, tergantung dari dana dan kesukaan burung yang Anda miliki. Sedangkan untuk mendapatkan mainan tersebut, Anda cukup membelinya di toko LB terdekat.

Perlu diingat, metode atau cara merawat Lovebird yang paling dianjurkan ini baiknya diterapkan dengan sungguh-sunggu, menggunakan penerapan yang baik dan sesuai dengan yang dianjurkan. Selain itu, hindari perawatan yang ekstrim di luar perawatan di atas, karena itu sangat beresiko.