Memilih Kandang Lovebird yang Baik untuk Ternak, Umbaran, dan Lomba

Advertisement
Advertisement
Memilih kandang Lovebird yang baik untuk berternak, umbaran, dan juga lomba merupakan perkara wajib untuk tiap peternak atau pemilik burung. Tanpa adanya sangkar atau kandang yang baik dan nyaman, burung tidak akan berkembang dengan baik, bahkan bisa cenderung stres atau pun sakit.

Pemilihan sendiri bisa dilakukan secara acak. Bisa dilakukan di toko burung terdekat atau pun bisa melalui pemesanan pada pihak penjual. Tidak perlu mahal. Asalkan nyaman dan ukurannya pas, sangkar ini akan memudahkan Anda dalam mengefektifkan penangkaran, atau pun performa burung saat akan lomba.

kandang lovebird

Tips Memilih Kandang Lovebird yang Baik untuk Ternak, Umbaran, dan Lomba
Berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa Anda gunakan untuk memilih sebuah kandang yang ideal untuk burung:

1. Kandang ternak
Untuk masalah ternak, kandang yang digunakan bisa menggunakan kandang kawat. Sangkar bulat juga bisa digunakan sebenarnya. Namun kegunaannya hanya sebagai media perjodohan antara indukan jantan dan betina saja. Sedangkan untuk tempat perkembangbiakan, sangkar seperti ini tidak dianjurkan untuk digunakan.

Selain  kawat, kayu pun bisa digunakan untuk membuat kandang ternak. Tidak perlu membeli. Asalkan Anda memiliki bahan dan alat yang harus digunakan, kandang ini pun bisa Anda buat sendiri di rumah.

Adapun untuk cara membuat kandang Lovebird untuk ternak ialah:
  • Siapkan bahan-bahan seperti: kawat, papan kayu, kayu tangkringan, paku, lem, dan beraneka bahan lainnya. 
  • Setelah bahan terkumpul, buatlah potonglah papan kayu atau triplek menjadi 4 bagian untuk atap, sisi kandang, alas, dan bagian belakang kadang. 
  • Untuk bagian depan, Anda bisa menggunakan kawat sebagai bahan kandang. Potong kawat sesuai kebutuhan. Jangan lupa beri lubang untuk pintu masuk burung. Ini yang harus And perhatikan. Pastikan dalam membuat pintu masuk, kawat yang digunakan jangan sampai terlihat tajam. Kalau pun demikian, tambahkanlah pelapis untuk menghindarkan goresan kawat yang dapat mengakibatkan luka. 
  • Setelah proses tadi, tempatkan kayu tangkringan di dalamnya. Tidak perlu yang besar. Yang terpenting adalah, kayu tersebut harus nyaman serta ideal dengan kaki burung. 
  • Cara membuat kandang lovebird untuk ternak selanjutnya adalah tahap finishing. Di tahap ini Anda hanya perlu memasukan cepuk atau pun keperluan LB lainnya. Jangan lupa untuk menambahkan serbuk kayu dan koran agar lebih nyaman.

2. Kandang umbaran
Kandang umbaran bisa Anda dapatkan di toko burung terdekat. Namun jika kandang yang dijual di toko tidak sesuai dengan minat dan keinginan Anda, pemesanan pada pihak produsen pun bisa Anda lakukan. Yang terpenting, kandang tersebut haruslah nyaman dan berukuran ideal.

Jenis kandang ini beraneka ragam. Ukurannya pun berbeda beda, ada yang 75 cm x75 cm, 100 cm x100 cm. Bahkan tidak jarang juka ditemui kandang dengan ukuran 2 x 2 meter. Itu semua adalah hal yang wajar. Mengingat penggunaan kandang lovebird untuk umbaran sendiri adalah untuk meningkatkan stamin dan nafas burung, maka semakin besar kandangnya, semakin baik.

Yang terpenting, kandang tersebut haruslah bersih, terhindar dari bahan yang dapat melukai burung, juga harus memiliki tangkringan yang pas juga ideal. Satu lagi. Besar kecilnya kandang harus disesuaikan dengan jumlah burung di dalamnya.

3. Kandang lomba
Untuk urusan lomba, kandang yang digunakan umumnya adalah sangkar dengan jenis bahan dan ukuran yang beraneka ragam. Intinya, bahan dan desain sangkar haruslah ideal dan pas dengan burung yang akan mengikuti lomba. Jangan sampai terlalu besar, atau pun terlalu kecil. Jangan lupa untuk gunakan tangkringan dengan ukuran yang pas dengan kaki sang burung.

Memilih kadang Lovebird untuk ternak, umbaran, dan lomba memang sangat penting. Maka dari itu, harus dilakukan dengan benar dan seselektif mungkin, agar hasil dari penangkaran atau ternak pun akan  baik. Hal yang sama juga berlaku pada kandang lain, seperti umbaran dan lomba.