Cara Mengatasi Lovebird yang Mencabuti Bulu Sendiri

Advertisement
Advertisement
Burung lovebird termasuk salah satu jenis burung kicau yang peminatnya sangat banyak, jadi wajar bila burung satu ini menjadi primadona yang mudah dijumpai di pasaran, bahkan di setiap even perlombaan burung kicau. Lovebird umumya disebut burung paruh bengkok, karena memang burung ini baruhnya bengkok menukik ke bawah. Dalam hal perawatan, lovebird terbilang mudah, asalkan konsisten dalam pemberian pakan, minum, pembersihan kandang, pemandian, hingga penjemuran (baca: cara merawat lovebird).

Burung lovebird memiliki keunggulan pada suaranya yang khas dan tampilan fisiknya yang mempesona. Bulu-bulu nya yang bagus menjadi faktor penting yang berpengaruh terhadap keindahannya. Namun, menjadi sebuah masalah bila lovebird justru mencabuti bulu nya sendiri, tentu akan menjadikan tampilannya nampak buruk.

lovebird mencabuti bulu sendiri

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab lovebird sering kali mencabuti bulunya sendiri, diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Lovebird kekurangan vitamin
  • Faktor biologis, yakni lovebird butuh pasangan
  • Terdapat kutu pada tubuhnya

Coba perhatikan ketiga faktor di atas, dan umumnya lovebird sering mencabuti bulu dikarenakan ada banyak kutu yang bersarang pada tubuh dan bulunya, sehingga lovebird merasa gatal sehingga menjadikannya mencabuti bulunya sendiri.

Apabila lovebird mencabuti bulu dikarenakan kutu, maka segera berikan obat anti kutu yang dijual di pasaran. Bila dikarenakan kurang vitamin, maka segera berikan vitamin yang bagus dengan manfaat kompleks. Dan jika diesbabkan karena butuh pasangan, maka segera beri pasangan untuk kawin, sehingga hasratnya tersalurkan.

Demikian sedikit ulasan dari kami seputar masalah pada lovebird yang sering kali mencabuti bulunya sendiri, semoga tips dari kami dapat bermanfaat buat sobat penghobi lovebird.