Cara Ampuh Mengatasi Lovebird Yang Sering Ngeruji Saat Lomba

Advertisement
Advertisement
Burung lovebird sering kali tidak tenang dan ngeruji? hal ini yang sering kali dialami oleh lovebird yang diikutsertakan dalam lomba, tentu hal ini sangat mengganggu dan berpengaruh terhadap penilaian. Biasanya lovebird yang tidak tenang dan sering kali keluar dari tangkringan, dan ngeruji biasanya terjadi karena lovebird jantan tersebut melihat lovebird betina, sehingga kelakuan lovebird tidak seperti biasanya, bahkan sulit untuk berbunyi. Tentu hal ini dapat merugikan sang pemilik yang menyertakannya dalam lomba.

Lovebird yang terbiasa ngeruji bisa disebabkan karena dalam kondisi over birahi, seperti yang telah admin sebutkan di atas yakni lovebird jantan birahinya akan naik ketika melihat ada lovebird betina di dekatnya. Nah, bagaimanakah cara mengatasi permasalahan ngeruji pada lovebird ini?

lovebird ngeruji

Cara mengatasi lovebird ngeruji
Mari kita simak bersama mengenai langkah-langkah mengatasi lovebird yang suka ngeruji, berikut informasinya:

1. Seamentara hindarkan lovebird dengan pakan tinggi protein
Biasnya burung kicau yang kebanyakan EF dengan protein tinggi sangat mudah over birahi, karena memang protein salah satu manfaatnya adalah meningkatkan birahi pada burung. Coba hindari pakan-pakan seperti: jagung muda, kangkung, kuaci, dan lain-lain. Sebaiknya berikan pakan yang kandungan proteinnya dibawah 30gr, dan sebagai penghobi lovebird juga dituntut untuk jeli dalam melihat kondisi lovebird, karena bila lovebird kekurangan protein juga dapat berpengaruh terhadap kemauan untuk berbunyi.

2. Sering-sering memandikan lovebird
Biasanya para penghobi lovebird akan memandikan lovebird yang tidak tenang, dengan memandikan tersebut menjadikan lovebird lebih tenang dan tidak banyak tingkah. Ketika birahi lovebird sedang memuncak, maka lebih baik memandikannya sehari 3 kali hingga kondisinya normal lagi. Bisa juga memandikan lovebird dengan cara disemprot menggunakan sprayer, percikan air kecil-kecil seperti embun yang membasahi tubuhnya akan membuatnya merasa lebih nyaman dan menyenangkan.

3. Langsung mengawinkan lovebird
Ini merupakan alternatif dengan tujuan untuk menyalurkan birahi lovebird yang meningkat, meskipun ada juga kemungkinan lovebird tersebut gagal berjodoh. Cara yang efektif adalah memasukkan lovebird tersebut pada kandang koloni dan bercampur dengan lovebird betina yg lain, dan lovebird akan dengan sendirinya memilih pasangan yang cocok. Bila birahinya sudah tersalurkan, biasanya lovebird siap untuk diikutsertakan kembali dalam perlombaan.

4. Beri vitamin khusus
Vitamin khusus untuk menurunkan birahi lovebird juga bagus diberikan, selain dapat menjadikannya lebih fit dan berstamina, juga membuatnya kembali normal. OrBird juga bisa menjadi vitamin pilihan untuk menormalkan atau menstabilkan birahi.

Demikianlah sedikit tips dari kami mengenai cara mengatasi lovebird yang gemar ngeruji, apalagi ngeruji saat dilombakan. Semoga apa yang kami tulis kali ini dapat berguna bagi kita semua.