Cara Jitu Mengatasi Lovebird yang Over Birahi

Advertisement
Advertisement
Dalam ternak lovebird memang ada saja permasalahan yang terjadi, mulai dari permasalahan yang terbilang ringan hingga yang bikin sang penangkar merasa kebingungan. Nah, lovebird over birahi merupakan salah satu permasalahan yang sebenarnya tergolong ringan, karena bukan menyangkut masalah kesehatan, akan tetapi pada kestabilan reproduksi.

Sebelumnya telah kami ulas mengenai permasalahan pada lovebird, yakni lovebird sering ngeruji, apalagi saat lomba. Nah, kali ini kami akan mengulas sedikit tips mengatasi lovebird yang sedang over birahi. Tanda-tanda burung over birahi adalah lovebird sering kali bertingkah aneh, diantaranya: tidak mau gacor atau macet bunyi, agresif, lebih galak, dan bahkan sampai terlihat mengawini tangkringan.

lovebird over birahi

Perawatan yang kurang tepat bisa menjadi penyebab lovebird menjadi over birahi, seperti: pemberian extra fooding secara berlebihan, dan juga terlalu lama melakukan penjemuran. Pemberian pakan EF seperti jangkrik menjadi faktor yang dominan yang menjadikan lovebird over birahi, karena jangkrik kandungan proteinnya sangat tinggi.

Over birahi menjadi sebuah permasalahan besar bila akan dilombakan, karena lovebird tersebut akan sulit untuk gacor. Beberapa hari menjelang lomba memang harus diatur pemberian EF nya, jangan sampai berlebihan. Apabila lovebird kesayangan anda sudah terlanjur over birahi, maka segera lakukan langkah-langkah yang tepat seperti di bawah ini.

Cara mengatasi lovebird over birahi
Pasti sobat pecinta burung lovebird sudah tidak sabar untuk mengetahi tips-tips nya, maka langsung saja berikut langkah-langkah dalam mengatasi lovebird yang over birahi:
  1. Jika cuaca panas, maka tepat sekali memandikan lovebird yang over birahi, bila biasanya mandi hanya sekali dalam sehari, maka kini tingkatkan menjadi 2 kali sehari, yakni pagi dan sore. Memandikan lovebird dapat menurunkan birahi yang berlebihan pada lovebird maupun burung kicau lainnya.
  2. Seusai dimandikan, coba letakkan lovebird pada kandang umbaran dan jemur, dengan begitu lovebird bisa bergerak lebih bebas sekalian untuk olahraga. Biarkan lovebird dalam kandang umbaran selama 1 jam.
  3. Lovebird yang masih di kandang umbaran, selanjutnya pindahkan ke lokasi yang teduh, sebiaknya taruh di bawah pohon.
  4. Millet putih sebaiknya dijadikan sebagai pakan utama, dan berikan jagung muda dan kangsung seminggu sekali.
  5. Apabila cuacanya mendung, jangan dipaksakan memandikan lovebird, tunggu hingga saat yang memungkinkan untuk dimandikan.
  6. Apabila lovebird telah dimandikan dan dijemur, maka kembalikan pada kandang biasanya atau kandang harian, dan keronding hingga pagi.
  7. Lakukan langkah-langkah di atas secara berulang hingga lovebird kembali normal.
  8. Alternatif lainnya yaitu bisa langsung mengawinkan lovebird yang over birahi, dengan begitu hasratnya akan tersalurkan.

Untuk menghindari lovebird over birahi kuncinya adalah jangan sampai berlebihan dalam memberikan pakan tambahan, khususnya pakan jangkrik. Demikian sedikit tips mengenai perawatan lovebird yang over birahi, semoga dapat bermanfaat.