Penyebab Lovebird Tidak Mau Bunyi Saat Di Arena Lomba, dan Cara Mengatasinya

Advertisement
Advertisement
Setiap peserta lomba pasti menginginkan agar lovebird jagoannya bisa tampil maksimal saat berada di arena lomba. Namun, sebaliknya sangat mengecewakan bila sudah saatnya lomba malah justru tidak mau bunyi atau tidak mau ngekek. Kondisi semacam ini sebenarnya tidak hanya dialami lovebird saja, burung kicau lainnya pun sering kali mengalaminya.

Sebagai pemilik tentu tidak akan tinggal diam bila mengetahui permasalahan semacam ini yang terjadi pada lovebird kesayangannya. Untuk mengatasinya memang perlu memperhatikan hal-hal tertentu yang menjadi penyebab mengapa lovebird tidak mau berbunyi.

lovebird tidak mau bunyi, lovebird tidak bunyi, lovebird macet bunyi

Pahami karakter lovebird
Sebagai penghobi lovebird anda dituntut untuk tahu dan paham akan karakter lovebird kesayangan anda.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda ketahui seputar karakter dan kebiasaan lovebird:
  • Anda harus tahu kapan saat-saat lovebird itu berkicau
  • Kapan saatnya pemandian dan penjemuran
  • Kapan saatnya diberikan EF
  • Kapan saat lovebird birahi
  • dll

Dengan mengetahui karakter lovebird ini, maka anda akan tahu dengan benar waktu yang tepat untuk dibawa atau diikutsertakan dalam lomba. Strategi sangat diperlukan dalam lomba, jangan sampai asal-asalan mengikutsertakan lovebird dalam lomba tanpa memperhatikan karakter serta permasalahan yang terjadi.

Penyebab utama lovebird tidak mau bunyi
Memang ada beberapa faktor yang menyebabkan lovebird tidak mau bunyi saat dilombakan, namun salah satu penyebab yang umum dan sering kali dialami oleh lovebird mania adalah lovebird kesayangannya sedang dalam kondisi over birahi. Sehingga, orabird yang over birahi tersebut tidak mau berkicau, dan justru malah kebanyakan tingkah, dan sering kali ngeruji (baca: lovebird ngeruji saat lomba).

Ada 2 cara yang paling mudah untuk mengatasi lovebird yang over birahi, diantaranya ialah:
  1. Mengawinkannya dengan lovebird betina
  2. Memandikannya hingga basah kuyup, kemudian menjemurnya.

Sebenarnya, sebelumnya sudah kami bahas mengenai tips mengatasi lovebird yang over birahi ini, bisa langsung anda baca pada artikel yang berjudul: cara mengatasi lovebird over birahi.

Pahami karakter lovebird yang siap lomba
Sobat pecinta lovebird harus tahu tanda-tanda lovebird yang siap lomba itu seperti apa, dengan begitu maka akan lebih baik untuk meminimalisir terjadinya permasalahan mengenai lovebird tidak mau bunyi ketika lomba.

Adapun karakter lovebird yang siap lomba adalah sebagai berikut:
1. Ditaindai dengan kondisi sayapnya yang menyilang, ini menandakan bahwa lovebird dalam kondisi yang fit/prima dan siap untuk tempur
2. Lovebird siap lomba parameternya tidak semata-mata gacor saat di rumah, karena meski gacor di rumah bisa jadi saat dilombakan tidak mau bunyi. Maka dari itu, coba dipancing terlebih dahulu dengan cara sebagai berikut:
  • Ditrek terlebih dahulu sebelum digantang
  • Digantung dengan cara disendirikan agar lovebird tersebut merasa lebih tenang
  • Kerondingi secara full/penuh, dan hanya dibuka ketika digantang
  • Lovebird dicas terlebih dahulu dengan pasangannya

Coba anda pilih sendiri trik cara memancing lovebird di atas, tentu harus disesuaikan dengan karakter lovebird kesayangan anda. Dengan begitu, lovebird bisa lebih siap untuk dilombakan.