Cara Mudah Memilih Makanan Lovebird yang Bekualitas

Advertisement
Advertisement
Memilih makanan Lovebird yang berkualitas merupakan perkara yang wajib, khususnya untuk Anda selaku pemilik dan perawat burung yang satu ini. Dengan menerapkan sifat selektif ini diharapkan burung akan jadi lebih sehat, bugar, dan memberikan penampilan yang Anda harapkan.

Tapi selain memilih makanan yang berkualitas, ada hal lain yang harus Anda perhatikan. Hal tersebut ialah menghindari makanan-makanan yang beresiko merusak kesehatan dan daya tahan tubuh burung. Yang jelas, saat Anda menerapkan hal yang satu ini, burung akan jadi lebih sehat, terhindar dari penyakit, dan yang pasti, burung akan jadi lebih kuat dan terbebas dari resiko kematian akibat bahan dan makanan berbahaya.

makanan lovebird


Jenis Makanan Lovebird yang Berkualitas dan Patut Diberikan
Di bawah ini merupakan jenis-jenis makanan berkualitas yang bisa Anda berikan pada burung cantik yang satu ini:

1. Sayuran dan buah
Sayuran dan buah kaya akan vitamin dan nutrisi lain yang dibutuhkan burung. Dengan mengonsumsi makanan ini, jelas, asupan nutrisi untuk burung akan lebih tercukup, sehingga terhindar dari yang namanya malgizi atau pun sejenisnya.

Pemberian sayuran dan buah sendiri dikategorikan sebagai alternatif pakan selain pakan utama dan EF. Asalkan diberikan rutin, pakan ini akan memberikan manfaat yang baik untuk burung yang satu ini. Sehingga, nantinya burung diharapkan akan lebih sehat, bugar, dan berstamina setelah Ia mengonsumsi jenis makanan Lovebird yang berkualitas ini.

2. Pakan berkalsium
Sebenarnya untuk nutrisi yang satu ini, Anda juga bisa dapat dari buah dan sayur. Hanya saja kandungannya mungkin berbeda beda, bahkan beberapa justru ada yang sangat sedikit. Sehingga untuk memenuhi asupan kalsium, Anda disarankan untuk memberikan tulang sotong pada burung yang satu ini.

3. Extra Fooding
Jelas, pakan ini merupakan pakan wajib yang harus diberikan pada burung yang cantik ini. Karena dengan memberikan EF secara teratur, burung akan lebih sehat dan performanya pun akan sesuai dengan yang Anda harapkan.

EF sendiri banyak macamnya, Anda bisa pilih mana yang sesuai dengan kesukaan burung dan dana yang Anda miliki. Tapi untuk kebaikan burung, ada benarnya untuk memberikan jenis-jenis makanan Lovebird berkualitas seperti halnya EF berikut:
  • Biji bunga matahari
  • Biji Fumayin
  • Kacang kedelai
  • Kacang merah 
  • Kacang hijau 
  • Biji jagung

4. Kangkung
Kangkung memang dikategorikan sebagai sayur. Ketimbang sayur yang lain, sayur ini justru paling dianjurkan untuk diberikan pada burung. Alasannya tentu saja karena kandungan nutrisi dalam kangkung sangat baik dan berguna untuk meningkatkan birahi burung. Maka dari itu, sayur ini pun sangat dianjurkan untuk diberikan pada burung, khususnya burung cantik yang satu ini.

5. Kuning telur rebus
Jenis makanan Lovebird yang baik dan berkualitas ini merupakan jenis yang paling dianjurkan diberikan pada burung, khususnya pada burung yang dalam kondisi mabung. Dengan memberikannya, diharapkan proses mabung akan berjalan lebih cepat.

Pakan yang Wajib Dihindari untuk Burung
Berikut adalah beberapa jenis pakan yang wajib dihindari demi menjaga kesehatan dan menghindarkan burung dari penyakit:

1. Pakan dengan kandungan gula
2. Makanan berminyak
3. Cola
4. Alkohol
5. Kopi
6. Ice cream
7. Coklat

Perlu Anda tahu. Selain perawatan dan pelatihan, salah satu hal penting dalam menyehatkan dan meningkatkan performa burung ialah pakan. Untuk itu wajib hukumnya memberikan dan memilih makanan Lovebird yang berkualitas dan baik unuk kesehatan dan performanya.