Perawatan Lovebird Harian Agar Ngekek Panjang dan Gacor

Advertisement
Advertisement
Perawatan Lovebird harian memang penting untuk dilakukan, terlebih untuk LB yang dipergunakan untuk burung kontes. Karena selain berguna untuk menjaga kesehatan burung, perawatan harian juga akan membantu meningkatkan performa dari burung itu sendiri. Maka dari itu, wajib hukumnya menerapkan dan menjalankan perawatan yang satu ini.

Tapi sebelum Anda menerapkan rawatan harian, ada beberapa hal yang harus Anda tahu. Satu, rawatan ini akan memberikan dampak baik apabila dilakukan dengan rutin. Dua, rawatan ini juga harus dilakukan sesuai anjuran dan tata cara yang baik, agar hasilnya nanti baik pula.

lovebird gacor, lovebird ngekek, lovebird ngekek panjang

Ragam Perawatan Harian yang Harus Diterapkan Lovebird Ngekek Panjang
Berikut adalah perawatan burung Lovebird harian agar ngekek panjang dan gacor yang wajib diterapkan:
  1. Pada pagi jam 7.00 pagi, siapkan burung, lalu angin-anginkan di depan rumah atau teras selama 30 menit.
  2. Setelah jam 7.30, atau setelah proses di atas selesai, mandikan burung dengan air sampai basah kuyup. Proses ini bisa dilakukan dengan 2 cara. Bisa dengan metode penyemprotan, atau dengan membiarkan burung mandi sendiri di keramba. Tergantung Anda mau pilih yang mana. Keduanya sama baiknya, jadi sama-sama dianjurkan untuk diterapkan.
  3. Setelah proses pemandian selesai, atau setelah jam 7.50 pagi, keringkan burung sebentar. Cukup 10 menit saja, sampai bulu burung setengah kering.
  4. Jam 8.00 pagi, barulah jemur burung di bawah terik matahari. Lakukan perawatan Lovebird harian ini sekitar 45 – 60 menit.
  5. Pada jam 9.00 pagi, atau setelah burung selesai dijemur, kembali angin-anginkan burung di teras. Gunanya agar burung tidak kaget dengan perubahan suhu udara di sekitarnya. Lakukan perawatan ini selama 10 menit saja, baru masuk ke proses perawatan berikutnya.
  6. Jam 9.10 pagi, atau setelah proses di atas selesai, berikan pakan untuk burung. Jangan lupa. Sebagai pemilik yang baik, wajib hukumnya untuk memberikan pakan yang berkualitas, agar tubuh burung jadi tambah sehat, berstamina, dan memiliki performa yang baik.
  7. Setelah makan, atau setelah pukul 9.30 pagi, burung dikerodong, lalu lanjut ke pelatihan dan perawatan Lovebird setiap hari berikutnya, yaitu pemasteran. Lakukan pelatihan ini sekurang-kurangnya 1 – 1,5 jam, atau setidaknya sampai jam 11 siang.
  8. Setelah jam 11 siang, atau setelah proses pemasteran selesai, burung wajib diistirahatkan.
  9. Pada jam 4 sore, kembali angin-anginkan burung di teras rumah. Sama halnya dengan proses sebelumnya. Kali ini pun wajib dilakukan sekurangnya 10 menit.
  10. Setelah proses ini selesai, atau tepat di pukul 4.10 sore, berikan makanan pada burung, baik EF maupun pakan utamanya.
  11. Pada jam 4.30, atau setelah burung selesai makan, kembali masukan ke sangkar, lalu kerodong sampai pagi .
  12. Untuk meningkatkan performa dan kualitasnya, Anda bisa lakukan pemasteran pada saat ini. Tapi agar istirahat burung tetap berkualitas, atur volume burung dengan volume yang kecil dan lirih.

Tips Perawatan Lovebird Harian agar Makin Gacor dan Ngekek Panjang
Jika Anda berniat menggunakan cara perawatan di atas, tips berikut akan membantu Anda dalam memaksimalkan hasil yang akan didapat dari perawatan di atas:
  1. Lakukan perawatan dengan teratur. Jamnya tidak harus tepat. Yang penting, kualitas dan runtutan perawatan haruslah benar dan sesuai dengan yang dianjurkan di atas.
  2. Untuk menjaga kesehatan burung, hindari pakan yang beresiko dan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi.
  3. Berikan pula multivitamin untuk menjaga asupan nutrisinya.
  4. Jaga pola makannya, jangan sampai telat atau tidak teratur.
  5. Proses penjemuran baiknya dilakukan paling lama 1 jam. Hindari juga penjemuran di atas jam 10 pagi, karena beresiko untuk kesehatan burung.

Intinya, perawatan Lovebird harian agar ngekek dan gacor di atas baru akan memberikan hasil yang baik kalau penerapannya baik pula. Namun jika perawatan di atas tidak teratur dan penerapannya buruk, bisa dijamin, hasil yang akan didapat nanti juga pasti tidak akan maksimal.