Cara Agar Lovebird Cepat Bertelur Paling Ampuh

Advertisement
Advertisement
Bagi anda para penggemar budidaya burung Lovebird (LB) ada beberapa Cara membuat agar Lovebird cepat bertelur paling ampuh. Namun tanpa kita sadari, dari sinilah awal kesuksesan seseorang beternak LB. Pasalnya, perlu Anda tahu, yang namanya telur atau anakan adalah barang mahal yang bisa dijual dari sebuah peternakan LB. Dengan kata lain, saat kita mampu mengahasilkan telur atau anakan dengan jumlah yang besar, maka semakin besar pula penghasilan yang akan kita dapat nantinya.

Tentu tidak mudah untuk membuat seekor indukan mampu bertelur secara cepat dan efektif. Namun tidak ada yang hal mungkin. Asalkan ada tekad dan kemampuan yang kue, tips dan cara berikut pasti akan membuat LB Anda mampu bertelur dengan jumlah yang banyak dan melimpah.

lovebird bertelur, lb bertelur

Tata Cara Agar Lovebird Cepat Bertelur Paling Ampuh
Berikut merupakan tata cara paling yang ampuh bisa Anda lakukan untuk membuat indukan LB Anda cepat bertelur:

1. Taruh pasangan LB ke dalam sangkar yang sama
Jangan pisahkan pasangan LB dengan kandang atau sangkar yang berbeda. Karena layaknya pasangan manusia dan makhluk hidup lainnya, mereka membutuhkan kedekatan untuk menjalin hubungan. Dan dengan cara inilah mereka bisa lebih dekat satu sama lain.
Satu lagi. Jangan terlalu banyak mengusik kedekatan mereka. Burung itu makhluk yang cukup pemalu. Sehingga jika Anda ganggu kedekatan mereka, hubungan mereka pun bisa terusik atau bahkan hancur begitu saja.

2. Pakailah lampu full spektrum
Cara agar Lovebird cepat bertelur ini cenderung membuat LB lebih nyaman, sehingga memungkinkannya untuk cepat rileks dan beradaptasi dengan hal baru, termasuk pasangan baru.
sinar lampu yang mirip sinar matahari dengan suhu 500 derajat Kelvin akan memungkinkan burung untuk lebih rileks dan tenang, sehingga membuatnya lebih mudah beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan hal-hal baru.

3. Ganti pakan dengan pakan yang merangsang hormon dan birahi
Satu yang perlu Anda tahu. Burung itu makhluk yang memiliki beberapa kesamaan dengan manusia, dan salah satu kesamaan tersebut ialah masalah kesuburan dan produktivitas.
Jadi, sama halnya dengan manusia. Saat indukan betina tidak kunjung bertelur akibat kekurangan hormon, maka cara agar Burung Lovebird cepat bertelur adalah dengan memacu hormon dan vitalitas betina dengan pakan yang khas, yang memiliki efek baik untuk meningkatkan vitalitas dan hormon indukan betina.

Adapun jenis pakan yang dimaksud adalah:
3.1. Tauge
3.2. Biji kwaci
3.3. Kangkung
3.4. Tulang sontong

4. Ganti glodok atau sarang dengan yang baru
Cara ini sebenarnya opsional. Saat ketiga cara di atas tidak kunjung membuahkan hasil, maka cara ini yang harus digunakan.

Penggantian sarang sendiri tidak perlu menggunakan banyak cara. Cukup mengganti sarang yang lama dengan yang baru, serta mamasukan jerami untuk meningkatkan kenyamanan sarang, maka sarang pun sudah bisa digunakan untuk memaksimalkan proses perkawinan yang terhambat akibat sarang yang kurang nyaman.

4 cara agar Lovebird cepat bertelur yang paling ampuh di atas juga merupakan cara yang termudah, sehingga memungkinkan Anda untuk melakukan tata cara di atas dengan mudah dan tanpa perlu ada kesulitas seperti apapun.