Cara Mengatasi Kaki Bengkak Pada Lovebird

Advertisement
Advertisement
Cara mengatasi kaki bengkak pada Lovebird sebenarnya susah susah gampang, tergantung bagaimana Anda menyikapinya. Asalkan ditangani dengan baik dan sesuai anjuran, masalah ini mungkin akan cepat terselasaikan. Namun kebalikannya. Jika masalah ini tidak ditangani dengan cepat, bahkan cenderung diacuhkan, maka bisa jadi penyakit ini akan terus diderita burung cantik ini.

Pada dasarnya cara mengatasi kaki bengkak pada burung ini sangatlah banyak. Tapi, sebelum menentukan cara mana yang akan Anda gunakan, baiknya periksa dulu penyebab dari masalah kaki bengkak pada burung.

kaki lovebird luka, kaki lovebird bengkak

Ya, penyebab kaki bengkak pada burung sendiri beragam. Sehingga sudah jelas, pencegahan dan penanganannya pun akan beragam, tergantung dari gejala dan penyeab masalah itu sendiri.

Cara Mudah Mengatasi Kaki Bengkak Pada Lovebird
Untuk Anda yang memiliki Lovebird (LB) dan mendapati kaki sedang mengalami kebengkakan, maka berikut adalah beberapa pilihan metode yang bisa digunakan:

1. Metode air hangat
Sesuai namanya, metode ini mengutamakan air hangat sebagai media mengurang kebengkakan pada kaki LB. Karena seperti yang kita ketahui bersama, air hangat adalah salah satu bahan aktif yang dapat menurunkan kebengkakan pada kulit akita gigitan serangga atau tekanan benda tumbul.

Tidak hanya digunakan untuk manusia, air hangat ini juga cocok untuk mengatasi kaki bengkak yang dialami burung, khususnya LB. Sehingga, apabila Anda mendapati LB yang mengalami kebengkakan di area kaki, sangat dianjurkan untuk menggunakan metode ini.

Adapun cara mengatasi kaki bengkak pada Lovebird dengan air hangat ini adalah:
  • Siapkan air hangat sebanyak 100 ml, tidak terlalu panas dan tidak pula terlalu dingin. 
  • Siapkan LB yang akan dirawat.
  • Pijat kaki LB yang bengkak dengan perlahan.
  • Setelah dirasa rileks, kaki yang bengkak tadi di arahkan ke permukaan air, namun jangan dulu dicelupkan. Biarkan burung terbiasa dengan suhu dan kondisi air.
  • Baru setelah 3 menit Anda bisa celupkan kaki burung yang bengkak ini pada air hangat selama 5 – 10 menit.
  • Cara ini baiknya dilakukan minimal 2 – 3 kali berturut-turut untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Metode minyak urut atau balsem
Cara praktis mengatasi kaki bengkak pada Lovebird ini baiknya diterapkan apabila kondisi LB sedang tenang dan dalam kondisi memungkinkan. Sebab, rasa panas dan tidak nyaman pada burung ini mungkin akan membuat burung jadi gelisah dan stres.

Pemberian minyak urut atau balsem juga harus diperhatikan agar tidak membuat burung gelisah dan stres akibat kepanasan. Intensitas pemberian juga harus diperhatikan, jangan terlalu sering, karena dapat merusak mood dan keseharian burung.

Adapun untuk tajapan penerapan metode ini sendiri adalah:
  • Siapkan minyak urut atau balsem secukupnya.
  • Pijat kaki burung secara perlahan dengan minyak urut tadi atau balsem tadi.
  • Cara mengatasi kaki bengkak pada Burung Lovebird ini baik dilakukan sehari sekali dan dalam waktu 2 – 3 kali perawatan. Kalau sudah lebih dari 3 hari namun belum ada hasil yang baik, sangat dianjurkan untuk mendatangi dokter hewan untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.

Itulah cara umum yang kerap digunakan kicaumania untuk mengatasi kaki bengkak pada LB. Keduanya sama-sama baik, tergantung Anda yang menentukan, mau pilih yang mana. Mengingat, lovebird merupakan burung terpopuler saat ini, tentu sobat menginginkan agar lovebird bisa pulih kembali dan bisa tampil prima dan gacor (baca: suara lovebird).