Cara Mengatasi Kegemukan pada Burung Lovebird

Advertisement
Advertisement
Cara mengatasi kegemukan pada Burung Lovebird kini menjadi cara yang paling banyak diterapkan oleh banyak penggemar Lovebird (LB). Sebab, dengan cuaca sekarang yang sering turun hujan, membuat burung cantik ini lebih banyak makan untuk tetap mempertahankan suhu tubuhnya.
Namun sayang, akibat dari banyak makan tadi membuat tubuh LB lebih gemuk, bahkan tidak sedikit dari burung cantik ini yang menderita obesitas.

Tentu, jika ditilik dari segi kesehatan, obesitas pada burung bukanlah perkara yang baik. Sebab, saat seekor burung menderita obesitas, Ia jadi mudah lelah, tidak aktif, malas berkicau, namun rakus dalam hal makan, sehingga membuat jadi merugi akibat tingkah pola burung kesayangannya itu.

kegemukan pada lovebird

Cara Ampuh Mengatasui Kegemukan Pada Burung Lovebird
Untuk Anda yang memiliki burung yang kegemukan dan mengalami obesitas, cara berikut bisa digunakan untuk menurunkan berat badan sang burung:

1. Ganti pakan burung saat Ia kegemukan
Pakan merupakan hal yang paling berpengaruh dalam kenaikan berat badan burung. Untuk itu, jika berniat menurunkan berat badan burung, khusus LB, segeralah ganti pakan yang Ia konsumsi.
Dalam hal ini, pakan yang paling baik diberikan adalah Millet putih. Sedangkan untuk pakan tambahan atau EF, baiknya gunakan sayur dan buah yang kaya vitamin, dan jangan berikan biji-bijian untuk mengurangi asupan karbohidrat untuk burung.

Namun demi kesehatan dan keseimbangan asupan nutrisi untuk burung, cara mengatasi kegemukan pada Lovebird ini juga harus diimbangi dengan multivitamin yang cukup. Agar burung jadi lebih sehat dan bugar.

2. Rajin rajinlah memandikan dan menjemur burung
Mandi dan berjemur akan membuat tubuh burung lebih bugar. Di samping itu, dengan mandi dan berjemur, lemak dalam tubuh burung juga dapat dikontrol dengan baik, sehingga memungkinkan Anda untuk mengurangi berat badan burung yang berlebih.

Jika biasanya burung dimandikan 1 – 2 kali sehari, maka untuk mengurangi berat badan, Anda bisa mandikan burung sebanyak 3 kali dalam sehari.

Sedangkan untuk waktu berjemur, Anda bisa jemur burung sebanyak 2 kali dalam durasi 30 – 120 menit, tergantung terik matahari dan kondisi fisik burung. Tapi ingat, cara mudah mengatasi Burung Lovebird yang kegemukan ini hanya dilakukan saat proses diet burung, dan hindari metode ini pada perawatan rutin untuk burung.

Karena perlu Anda ketahui, menjemur burung selama lebih dari 2 jam per hari akan berdampak burung pada kesehatan burung, karena memunculkan resiko over birahi yang dapat mengganggu kesehatan dan performa si burung.

3. Tempatkan burung di kandang umbaran
Jika manusia harus berolahraga untuk mengurangi berat badan, maka burung harus ditempatkan di kandang umbarang untuk menhancurkan lemak yang ada di tubuhnya. Penempatan ini sendiri tidak harus dilakukan sepanjang hari. Cukup lakukan 3 – 5 jam per hari, cara ini akan efektif membarak lemak dalam tubuh burung.

Cara mengatasi kegemukan Burung Lovebird di atas adalah cara yang paling efektif untuk menurunkan berat badan burung. Sehingga, apabila Anda ingin mengurangi berat badan burung, sangat di anjurkan untuk menggunakan tips dan cara di atas.