Cara Mengatasi Lovebird Lesu dan Lemas

Advertisement
Advertisement
Lovebird (LB) yang lesu dan lemas merupakan tanda kalau Ia sedang terkena sebuah penyakit. Meskipun demikian, beberapa kondisi seperti perubahan cuaca, kurang gizi, atau kondisi lain juga kerap mengakibatkan burung jadi lemas dan lesu.

Pencegahan memang bisa dilakukan dengan melakukan perawatan dengan baik dan benar. Namun bila kondisi burung sudah tidak memungkinkan, penanganan pun bisa dilakukan dengan menerapkan beberapa cara dan metode yang ampuh untuk mengatasi kondisi burung yang lesu dan lemas.
Cara Mudah Mengatasi Lovebird Lesu dan Lemas

lovebird lesu, lovebird lemas

Jika Anda tengah melihat kondisi burung kesayangan Anda lesu dan lemas, maka penanganan terbaik yang harus dilakukan adalah seperti berikut:

1. Memperbaiki perawatan harian
Rawatan harian yang salah dan sembarang adalah salah satu penyebab kondisi burung jadi lesu dan lemas. Sehingga, untuk menangani kondisi tersebut, sangat dianjurkan untuk memperbaiki rawatan harian untuk burung.

Rawatan harian sendiri meliputi semua hal. Baik itu rawatan yang menyangkut kebersihan, keseimbangan gizi atau pelatihan. Pasalnya, jika rawatan yang menyangkut hal di atas dilakukan dengan baik yang benar, maka sudah bisa dipastikan kalau kondisi lemas dan lesu burung akan segera berkurang dan hilang.

2. Memberikan multivitamin
Cara mengatasi Lovebird lesu dan lemas ini merupakan yang termudah untuk dilakukan. Dengan memberikan multivitamin pada burung yang lemas, diharapkan kondisi burung akan kembali pulih dan sehat seperti semula. Sedangkan untuk kondisi lemas dan lesu yang diderita burung akan hilang dan reda dengan sendirinya.

Namun perlu diingat juga. Cara ini perlu diimbangi dengan asupan gizi yang baik dari pakan seperti, Millet putih dan merah, Pelet, kangkung, buah, sayur dan beragam pakan tambahan lainnya.

3. Kurangi porsi latihan
Latihan dengan masteran merupakan perkara wajib yang harus dilakukan untuk meningkatkan performa LB. Tapi, pelatihan yang berlebihan cenderung mengganggu kesehatan, sehingga perlu dikurangi.

Pengurangan ini sendiri dilakukan untuk mencegah kelelahan yang memperparah kondisi tubuh burung. Namun jika ingin hasil yang lebih maksimal, baiknya imbangi cara mengatasi Burung Lovebird lesu dan lemas ini dengan cara lain seperti memberi multivitamin, istirahat yang cukup atau memperbaiki perawatan yang baik dan benar.

Itulah beberapa penanganan LB yang lemas dan lesu yang bisa Anda terapkan. Keduanya sama-sama baik, tergantung Anda pilih yang mana untuk digunakan.