Cara Mengatasi Lovebird Sakit Sesak Nafas

Advertisement
Advertisement
Lovebird merupakan satu dari beberapa jenis burung yang kini jadi incaran banyak orang. Selain karena kecantikan bulu-bulunya, kualitas suara dan variasi kicauan burung ini dinilai baik dan sangat memukau. Sebab itu, selain dijadikan burung peliharaan, Ia juga kerap di lombakan pada beberapa kontes burung kicauan.

Namun sayang. Seperti halnya burung kicauan lain, burung cantik ini pun mudah menderita penyakit, khususnya penyakit yang menyerang organ pernafasan. Pencegahan sendiri memang bisa dilakukan dengan melakukan perawatan rutin dan pemberian multivitamin yang cukup. Tapi jika sudah terserang penyakit pernafasan, khususnya sesak nafas, sangat dianjurkan untuk diberikan penanganan yang lebih intens.

lovebird sesak nafas

Cara Mengatasi Burung Lovebird yang Sakit Sesak Nafas
Penanganan ini sendiri merupakan satu dari beberapa penanganan yang sudah banyak oleh banyak kicaumana. Karena itu, untuk hasil dan manfaatnya sendiri sudah tidak diragukan lagi. Tapi walaupun memiliki khasiat dan manfaat yang sangat baik, Anda juga harus tetap menerapkan penanganan ini dengan intensitas yang baik dan ideal.

Adapun penanganan untuk burung yag sesak nafas sendiri adalah:

1. Melakukan isolasi
Isolasi sendiri dilakukan demi mencegah penularan sesak nafas pada burung kicau lainnya. Cara ini dilakukan dengan memisahkan sangkar burung yang sesak nafas dengan burung lainnya.
Untuk hasil yang efektif, baiknya cara mengatasi Lovebird yang sesak nafas ini dilakukan dengan menempatkan burung di sangkar yang tertutup, terhindar dari jangkauan burung dan hewan lain. Serta, penempatan sangkar itu sendiri harus terpisah dengan burung yang sehat.

2. Berikan minyak angin, obat, dan multivitami khusus
Pemberian minyak angin sendiri dilakukan untuk melancarkan pernafasan. Caranya, oleskan minyak angin pada dada burung. Jangan terlalu banyak, cukup dua atau tiga kali dalam sehari dengan volume minyak angin yang cukup.

Obat dan multivitamin sendiri bisa diberikan setiap hari sesuai anjuran pada kemasan. Namun untuk menunjang kesembuhan burung, baiknya berikan obat dan multivitamin ini paling sedikit satu atau dua kali dalam sehari.

Selain mengurangi sesak nafas, cara mengatasi Burung Lovebird yang sakit sesak nafas ini juga akan membuat burung jadi lebih segar, rileks, dan memiliki tubuh yang lebih sehat dan bugar.

3. Mengangkat lendir pada mulut dan tenggorokan burung
Sesak nafas pada burung kerap disebabkan oleh adanya lendir yang menempel pada mulut dan tenggorokan burung. Karena itu, demi mengurangi gejala sesak nafas yang diderita burung, Anda bisa mengangkat lendir tersebut dengan menggunakan cotton bud secara rutin selama masa penyembuhan dan isolasi dilakukan.

Perlu diketahui. Cara mengatasi Lovebird sakit sesak nafas di atas merupakan penanganan yang dilakukan pada gejala awal penyakit. Sedangkan untuk sesak nafas yang lebih kronis, baiknya ditangani oleh dokter hewan atau praktisi kesehatan hewan yang sudah berpengalaman.