Cara Mengatasi Lovebird yang Berubah Galak dan Jarang Ngekek

Advertisement
Advertisement
Cara mengatasi Lovebird yang berubah galak dan jarang ngekek merupakan satu dari beberapa metode penanganan untuk perubahan karakter Lovebird (LB). Sebab, sudah kita ketahui bersama kalau burung cantik ini adalah jenis yang mudah sekali berubah. Untuk itu, demi memperbaiki performa akibat perubahan tadi, kita wajib menerapkan metode dan cara yang satu ini.

Ketidakstabilan burung ini bisa dikarenakan banyak hal. Namun dari banyaknya penyebab yang ada, kondisi lingkungan, metode perawatan, dan pemberian pakan adalah tiga hal yang paling sering membuat sikap LB berubah.

lovebird galak

Maka dari itu, salah satu cara untuk membuat Lovebird tetap mempertahankan sikap dan performanya adalah dengan memperhatikan tiga hal tadi. Namun selain memperhatikan tiga hal tadi, Anda juga harus menerapkan tips dan trik yang satu ini.

Tips Mengatasi Lovebird yang Berubah Galak dan Jarang Ngekek
Berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa digunakan untuk mengatasi perubahan sikap LByang kerap berubah jadi galak dan jarang ngekek:

1. Untuk mengurangi sikap galak atau agresif burung, perbanyaklah memandikannya. Dengan cara ini, sikap agresifnya akan lebih berkurang. Sebab, dengan air, burung akan lebih rileks dan jauh dari stres yang membuatnya galak dan agresif.

2. Setelah dimandikan, segera jemur burung selama 30 – 60 menit di kandang umbaran. Setelah 30 menit.

3. Untuk masalah pakan, berikan saja pakan utamanya, yaitu Millet putih setiap hari selama burung masih sering galak dan jarang ngekek. Sedangkan untuk pakan tambahan, berikan saja 2 sampai 3 kali dalam seminggu demi menjaga sikap dan emosional burung.

4. Pada sore harinya, tips mengatasi Lovebird yang berubah galak dan jarang ngekek dilanjurkan dengan memandikan burung dengan metode keramba atau sprayer. Baru setelah itu Anda bisa berikan Millet putih lagi pada burung cantik ini.

5. Pada malam hari, Anda bisa mandikan burung ini pada jam 7 atau 8 malam. Namun cara ini opsional. Bisa Anda gunakan kalau cuaca sedang mendukung. Namun jika tidak, sebaiknya cara ini jangan dilakukan demi kesehatan dan kebugaran burung.

Perlu dicatat. Cara mengatasi Burung Lovebird yang berubah galak dan jarang ngekek di  atas digunakan pada LB yang galak akibat salah perawatan. Namun jika LB tiba-tiba galak karena stres akibat tidak adanya teman, sangat dianjurkan untuk memberinya teman berkicau atau hanya sekedar mainan yang dipasang pada bagian atas sangkar.