Cara Mengetahui Telur Lovebird Isi atau Produktif

Advertisement
Advertisement
Jika Anda adalah orang yang ingin dan berminat membudidaya Lovebird (LB), maka cara mengetahui telur Lovebird isi atau produktif adalah cara yang wajib Anda tahu. Sebab, tanpa pengetahuan akan hal ini, tentu Anda tidak akan bisa membedakan mana telur yang normal, dan mana yang infertil.

Jika sudah tidak tahu mana telur infertil dan mana yang bukan, sekedar anjuran, urungkan dulu niat Anda dalam hal budidaya burung, khususnya burung LB yang eksotis ini.

telur isi atau produktif, telur isi, telur produktif

Bagaimana tidak, jika mengetahui mana telur yang normal dan infertil saja Anda tidak tahu, lalu bagaimana Anda bisa menjalankan budidaya dan peternakan LB yang terbilang sulit dan merepotkan tersebut? Maka dari itu, jika Anda tertarik membudidaya burung cantik ini, segeralah pelajari tentang bagaimana ciri telur normal dan ciri telur infertil terlebih dahulu.

Cara Mudah Mengetahui Telur Lovebird Isi Atau Produktif dengan Metode Penerawangan
Untuk Anda yang ingin tahu bagaimana membedakan telur LB mana yang produktif dan yang tidak, maka ini dia caranya:

1. Pisahkan satu telur untuk dilakukan penerawangan
Pengambilan telur ini baiknya dilakukan saat indukan sudah terlelap tidur, atau jika indukan sedang tidak ada di sarang. Anda tentu sudah tahu bagaimana galaknya indukan, khususnya betina, yang sedang mengeram telur.

Maka dari itu, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya lakukan cara ini saat indukan sudah tidur. Atau, jika Anda ingin cara yang lebih mudah, pisahkan dulu indukan dari telur-telur mereka. Jika sudah, baru ambil telur mana yang akan diperiksa.

2. Lakukan penerawangan
Cara mengetahui telur Lovebird isi atau produktif dengan penerawangan sendiri merupakan metode yang termudah. Maka dari itu, sebagai pemula dan belum mengerti benar tentang tata cara yang kompleks, gunakan saja dulu cara mudah yang satu ini. Baru kalau sudah bisa dan mahir, Anda bisa coba metode lain.

Penerawarangan sendiri dilakukan dengan mengarahkan telur ke arah lampu pijar. Untuk telur yang produktif dan sudah berusia kurang lebih 1 minggu, telur akan memiliki titik hitam di dalamnya.
Titik hitam tersebut adalah embrio burung yang nantinya akan berkembang dan menetas sebagai anakan burung. Sebab itu, titik hitam ini merupakan patokan utama dari telur yang produktif. Karena jika telur tidak memiliki titik ini, maka bisa dipastikan kalau telur tadi adalah infertil atau tidak bisa menetas.

Itulah cara mengetahui telur Lovebird isi atau produktif yang mudah dan praktis. Karena mudah, cara ini pun sangat dianjurkan untuk para pemula, atau mereka yang masih awam dengan tata cara mengetahui telur produktif.