Cara Mengobati Lovebird yang Cacingan

Advertisement
Advertisement
Cacingan pada Lovebird merupakan satu dari beberapa gangguan kesehatan yang kerap mengganggu Lovebird (LB). Tidak hanya menurunkan performa, masalah ini juga kerap menurunkan kondisi fisik burung, sehingga burung yang menderita penyakit ini akan mengalami penurunan kondisi yang cukup drastis.  Gejala penyakit ini pun sangat mudah dikenali. Salah satunya adalah kondisi badan yang kurus kering dan tidak diimbangi dengan nafsu makan yang menurun.

Jika biasanya burung yang kurus kering adalah burung yang kehilangan nafsu makan, berbeda dengan penyakit yang satu ini. Karena walaupun burung mengonsumsi makanan yang sehat, nutrisi dari makanan tersebut tidaklah masuk dan terproses oleh tubuh burung.

lovebird cacingan

Cara Mengobati Burung Lovebird yang Cacingan
Cacingan merupakan kondisi dimana tubuh burung terkontaminasi oleh cacing atau parasit. Parasit-parasit tersebut akan tumbuh dan berkembang di dalam tubuh burung, menyerap semua nutrisi dalam tubuh burung dan akhirnya merugikannya.

Jika dilihat dari kondisi tersebut, penyakit ini memang sangat berbahaya. Sebab pada kondisi tertentu burung bisa saja terkulai lemas dan mati.

Tentu hal ini harus diatasi dengan segera. Karena jika tidak, burung akan pasti akan mati akibat gangguan penyakit ini. Penanganan penyakit ini pun terbilang banyak, sehingga Anda bisa pilih mana yang cocok dengan burung kesayangan Anda.

Adapun contoh dari cara mengobati Lovebird yang cacingan sendiri adalah berikut:

1. Melakukan isolasi
Isolasi merupakan cara terbaik untuk mencegah penularan cacingan. Pasalnya, cacingan sendiri merupakan penyakit yang mudah menularan melalui feces atau kotoran. Maka dari itu, untuk mencegah penularan ini terjadi, segera pindahkan burung yang terindikasi cacingan dengan segera.
Isolasi sendiri bisa dilakukan dengan kandang atau sangkar khusus. Yang terpenting, kandang atau sangkar tersebut harus jauh dari jangkauan burung lain dan predator.

2. Bersihkan kandang semula
Karena cacingan ditularkan oleh kotoran dan lingkungan yang kotor, maka segeralah bersihkan sangkar burung secaa rutin. Kalau perlu gunakan desinfektan agar bakteri dan parasit penyebab cacingan mati.

Cara mengobati Burung Lovebird yang cacingan ini sendiri baiknya tidak hanya dilakukan pada saat pengobatan saja, melainkan pada kegiatan harian. Sebab, jika tidak dilakukan, kecenderungan cacingan akan datang lagi akan semakin besar.

3. Berikan obat cacing
Obat cacing khusus burung sendiri sudah banyak dijual, Anda tinggal pilih mana yang cocok dan sesuai dengan kondisi burung Anda. Tapi ingat, jangan sekali-sekali menggunakan obat cacing khusus manusia karena peruntukannya berbeda.

4. Berikan multivitamin
Kondisi burung cacingan umumnya lemas dan lesu. Sebab itu, demi mendongkrak kebugaran burung, sangat dianjurkan untuk memberikan multivitamin secara rutin pada burung penderita cacingan.
Perlu dicatat. Cara-cara mengobati Lovebird yang cacingan di atas merupakan penanganan untuk burung yang tidak terlalu parah. Sedangkan untuk yang burung sudah parah dan kronis sangat dianjurkan untuk dibawa ke dokter hewan terdekat.