Cara Mengobati Sakit Mata Pada Burung Lovebird Termudah

Advertisement
Advertisement
Keutamaan peternak atau pemilik Lovebird (LB) adalah membuat burung kesayangan mereka sehat dan terhindar dari beragam penyakit. Segala upaya pun harus mereka lakukan demi membuat burung kesayangan mereka tetap sehat dan terjaga dari beragam penyakit yang bisa membahayakan burung mereka.

Namun perlu Anda ketahui. Yang namanya penyakit bisa kapan saja datang dan pergi, tergantung perawatan, kondisi lingkungan, dan pemberian pakan yang Anda berikan pada burung. Snot, salah satu nama penyakit mata ini kerap mengganggu kesehatan burung. Penyakit ini kerap muncul dan menyerang burung, termasuk LB sebagai burung favorit masyarakat di Indonesia.

lovebird sakit mata

Cara Mengobati Sakit Mata Pada Burung Lovebird
Oleh karena kesehatan adalah hal utama yang harus dijamin pemilik burung pada burung kesayangannya, dan penyakit snot adalah penyakit mata yang kerap dan sering dialami oleh burung, maka berikut adalah beberapa cara yang wajib dilakukan demi menunjang kesembuhan burung dari penyakit mata yang satu ini:

1. Siapkan alat yang dibutuhkan
Metode pengobatan ini memerlukan alat dan bahan khusus, yang harus digunakan untuk menunjang kelancaran dan efektivitas dari proses penyembuhan.

Namun perlu dicacat. Alat dan bahan tersebut haruslah bersih, steril, dan terbebas dari segala macam kotoran yang dapat memperburuk kesehatan burung. Untuk itu, pastikan alat dan bahan yang digunakan dalam cara mengobati sakit mata Burung Lovebird termudah ini harus bersih dan berbebas dari kotoran dan kuman.

Adapun untuk alat dan bahan yang dimaksudkan tadi adalah:

  • Kain halus yang bersih dan steril
  • Air hangat
  • Salep mata khusus burung
  • Multivamin

2. Lakukan metode pengobatan secara efektif
Perlu diperhatikan. Sebelum Anda mulai melakukan dan menerapkan pengobatan ini, pastikan Anda sudah memiliki beragam kebutuhan akan alat dan bahan yang sudah disebutkan di atas. Karena perlu Anda ketahui. Alat dan bahan di atas merupakan perkara wajib untuk menunjang efektivitas pengobatan.

Jadi, tanpa adanya alat dan bahan di atas, bisa dipastikan, cara mengobati sakit mata Burung Lovebird ini tidak akan berjalan efektif, dan hasilnya pun tidak akan sesuai dengan yang diharapkan.

Adapun untuk tahap pelaksanaanya sendiri adalah berikut:

  • Rendamlah kain halus tadi ke air hangat
  • Sesudah itu, lap pinggiran mata dengan kain tadi. Pastikan juga pengelapan tidak menggangu kondisi dan ketenangan burung demi kesuksesan dan keberhasilan pengobatan.
  • Setelah air hangat tadi mengering, berikan salep mata khusus burung pada LB kesayangan Anda. Berikan secara merata. Pastikan juga kalau pemberian salep tadi dilakukan secara rutin minimal 1x sehari. 

Itulah cara mengobatai sakit mata Burung Lovebird yang termudah dan praktis, yang bisa Anda terapkan untuk menunjang kesembuhan LB kesayangan Anda dari penyakit mata yang satu ini.