Ciri-Ciri Lovebird Sedang Sakit

Advertisement
Advertisement
Ciri-ciri Lovebird sedang sakit adalah satu hal yang wajib Anda ketahui dalam memelihara burung cantik ini. Pasalnya, tanpa pengetahuan akan hal ini, bisa dijamin, Anda pasti tidak akan mampu mengatasi permasalahan dan penyakit yang diderita burung.

Tentu saja demikian. Sebab, dalam penanganan sendiri, pengatahuan aan gejala atau ciri sebuah penyakit adalah tindakan awal dari sebuah penanganan penyakit burung. Dengan kata lain, saat Anda tidak mengatahui ciri atau gejala burung yang sakit, maka penanganan lanjutan juga pasti tidak akan Anda ketahui.

lovebird sedang sakit, lovebird sakit

Gejala dan Ciri Lovebird Sedang Sakit
Untuk Anda yang belum tahu apa dan bagaimana ciri Lovebird (LB) yang sakit, berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Tubuh burung yang lemas
Ciri ini merupakan ciri yang paling mudah dikenali. Saat tubuh burung terlihat lemas dan lesu, bisa dipastikan kalau Ia sedang menderita penyakit atau dalam kondisi tubuh yang tidak sehat. Gejala ini juga sering terjadi pada banyak penyakit burung, sehingg bisa dikatakan kalau gejala ini merupakan gejala umum burung yang sedang sakit.

2. Penurunan nafsu makan
Selain tubuh yang lemas, gejala umum burung yang sedang sakit adalah penurunan nafsu makan yang terjadi secara bertahap.

Ciri Lovebird sedang sakit ini juga satu dari beberapa gejala yang sering terjadi pada banyak penyakit, kecuali cacingan. Namun pada banyak kasus, gejala ini kerap muncul pada penderita yang sudah kronis. Sedangkan untuk penderita yang masih baru atau awal, gejala ini akan muncul secara bertahap dan tidak secara langsung.

3. Keseharian yang berubah
Perbuahan aktivitas ini tertuju pada aktivitas keseharian. Dimana saat burung, khususnya LB, yang sedang sakit, keseharian seperti berkicau, bergerak dalam sangkar, makan, mandi, dan aktivitas lainnya akan berubah, bahkan bisa saja burung akan berhenti melakukan aktivitas tersebut jika kondisinya sangat tidak memungkinkan.

Ciri-ciri Burung Lovebird sedang sakit ini merupakan yang paling sulit untuk dikenali. Sebab, dalam beberapa kasus, burung cenderunga moody. Sehingga kerap melakukan perbuahan aktivitas secara tidak terduga.

Untuk itu, ciri yang satu ini tidak bisa dijadikan ciri umum burung yang sedang sakit. Sebenarnya ciri ini bisa digunakan, namun harus diimbangi dengan ciri lainnya seperti penurunan nafsu makan, tubuh yang lemas, atau yang lainnya.

4. Keseimbangan terganggu
Ciri yang satu ini merupakan satu kesatuan dari ciri nomor satu. Pasalnya, saat burung sedang sakit, tubuhnya pasti akan terasa lemas. Dan pada beberapa kesempatan, tubuh burung juga akan kehilangan keseimbangan dan mudah jatuh.

5. Tampilan bulu yang berubah
Ciri Lovebird yang sedang sakit ini merupakan yang paling mudah untuk dikenali. Sebab, tampilan bulu sendiri adalah cerminan dari kondisi LB yang sedang Anda rawat. Jika tampilan bulunya baik, bersih, dan telihat sehat, maka kondisi burung pun akan sama.

Begitu pun sebaliknya. Kalau kondisi bulu yang dimiliki burung terlihat kusam, kurang terawat, terlihat berantakan, maka bisa dipastikan kalau kondisi burung tersebut tidak sedang dalam kondisi baik.

Perhatikan, 5 ciri –ciri Lovebird yang sedang sakit di atas merupakan ciri yang paling mudah dikenali dan bisa dijadikan indikator alami kondisi burung. Namun perlu diperhatikan kembali. Ciri-ciri di atas baru bisa dijadikan indikasi kalau sudah diimbangi dengan ciri lain.