Penyebab Mengapa Lovebird Betina Tidak Segera Bertelur

Advertisement
Advertisement
Apakah penyebab Mengapa Lovebird betina tidak segera bertelur? Itulah pertanyaan yang mendasar, yang kerap ditanyakan bagi mereka yang tidak sabar dengan kondisi yang mereka hadapi pada penangakaran mereka sekarang.

Padahal, tanpa kita sadari, cepat lambatnya seekor betina bertelur itu bukan ditentukan dari seberapa cepat seekor betina mampu mengehasilkan telur, tapi seberapa besar usahakan kita untuk membuat betina tersebut menghasilkan telur.

lovebird tidak bertelur, lovebird bertelur

Ya, hal ini tentu sangat mendasar. Karena tanpa kita sadari, terkadang indukan betina segan untuk bertelur karena beberapa sebab,  dan di antara sebab tersebut, faktor perawatan yang tidak baik juga ikut andil dalam membuat indukan tidak kunjung bertelur. Selain itu barulah faktor lain yang menentukan cepat lambatnya indukan betina dalam bertelur.

Alasan Mengapa Lovebird Betina Tidak Segera Bertelur
Berikut adalah beberapa alasan mendasar mengapa indukan Lovebird (LB) tidak kunjung bertelur dengan cepat dan segera:

1. Usia produktif
Tentu, alasan ini adalah alasan mendasar yang mampu menjawab kapan seekor indukan tidak kunjung bertelur.

Usia yang matang adalah usia yang baik untuk perkawinan. Sedang usia di bawah tersebut adalah usia yang tidak cukup baik. Alasannya, tentu saja, indukan yang masih di bawah umur akan sangat lama bertelur. Dan kalau pun bertelur, tidak ada yang menjamin kalau telur-telur tersebut bisa menetas atau tidak.

Sedang usia yang sudah terlanjur tua adalah usia yang paling beresiko. Jadi, jangan tanyakan kenapa Lovebird betina tidak segera bertelur saat sudah usia lanjut. Tapi tanyakanlah kenapa Anda mengawinkannya di usia lanjut.

Karena perlu Anda ketahui. Usia matang burung, khususnya LB, adalah 1 tahun. Dan kalau Anda mengawinkannya dengan pejantan di atas usia tersebut, bahkan jauh di atasnya, masa produktif burung untuk bertelur sudah hilang. Dan kalau pun burung masih bisa memproduksi telur, tingkat penetasan telur tersebut akan sangat kecil.

2. Efektivitas perkawinan
Tidak semua pasangan burung yang tinggal dalam satu sangkar itu melakukan proses perkawinan. Pasalnya, jika ditilik dari beberapa kasus yang ada, tidak sedikit dari pasangan burung yang tidak kawin walau sudah dijodohkan sekian lama.

Tentu, alasan mengapa Lovebird betina tidak kunjung bertelur kali ini adalah karena proses perjodohan yang tidak berjalan dengan baik. Sehingga, untuk memperbaiki kondisi tersebut Anda harus memperbaiki proses perjohan yang ada. Atau, Anda harus mengganti indukan jantan ataubetina demi kelancaran proses penjodohan baru.

Satu lagi. Selain kedua alasan di atas, alasan kenapa LB tidak kunjung bertelur yang lainnya adalah karena salah pilih indukan. Tidak jarang pemilik yang salah membedakan antara jantan dan betina. Sehingga bisa dipastikan, proses penjohan tadi tidak akan berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan.