Cara Mengatasi Lovebird yang Suka Mengacak-acak Pakan

Advertisement
Advertisement
Cara mengatasi Lovebird yang suka mengacak-acak pakan memang jadi cara atau tips yang mungkin disepelakan para kicaumania. Sebab, di antara tips dan cara lain, masalah inilah yang paling ringan dan mudah untuk diterapkan, sehingga tidak perlu tips khusus untu mengatasi masalah yang satu ini.

Namun itu tadi. Kalau Anda mengatasi masalah ini tanpa tips dan cara khusus, apakah Anda akan berhasil? Sebab, bagaimana pun juga, yang namanya menangani masalah itu pasti perlu cara dan tips khusus. Tidak jauh berbeda dengan masalah ini. Agar masalah ini cepat teratasi dengan cepat dan efektif, sangat diperlukan cara khusus untuk menanganinya.

lovebird mengacak pakan

Cara Mengatasi Lovebird yang Suka Mengacak-acak Pakan Paling Efektif dan Cepat
Masalah Lovebird (LB) yang gemar mengacak-acak pakan mungkin masalah yang sepela di mata Anda. Tapi, coba Anda bayangkan. Kalau burung cantik Anda gemar mengacak-acak pakan, kandangnya pasti akan selalu kotor. Dan kalau sudah demikian, maka sudah jelas Anda harus membersihkannya setiap kali Ia selesai makan.

Untuk itu, demi mencegah hal itu terjadi, maka berikut adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan:

1. Menempatkan karpet khusus sebagai alas makan
Cara ini mungkin yang paling sederhana. Tapi, jangan pernah ragukan cara-cara yang sederhana seperti ini. Sebab, asalkan Anda tahu. Cara mengatasi Burung Lovebird yang suka mengacak-acak pakan  ini akan membuat kandang burung Anda jadi lebih bersih dan bebas dari sisa pakan yang berserakan di lantai kandang.

Adapun cara untuk membuat dan menempatkan karpet yang dimaksud adalah:
  • Siapkan kertas koran atau kain dengan ukuran sekitar 20 x 20 cm, atau setengah dari ukuran alas sangkar. 
  • Setelah itu, tempatkan kertas atau kain tadi  di bagian yang menjadi tempat LB makan. 
  • Jika LB sudah selesai makan, segera angkat dan besihkan kain atau kertas tersebut. Dan hap, kandang atau sangkar pun akan tetap terjaga kebersihannya.

2. Membeli tempat makan yang tertutup
Cara praktis mengatasi Lovebird yang suka mengacak-acak pakan ini mungkin yang termudah dan bisa Anda terapkan jika burung kesayangan Anda berlaku demikian.
Tempat makan ini sendiri adalah tempat makan biasa. Hanya saja, yang membedakan tempat pakan ini dengan yang lainnya adalah tutup dan lubang kecil yang digunakan burung untuk mengambil pakan.

Dengan adanya lubang tersebut, kebiasaan burung dalam mengacak-acak pakan akan cenderung berkurang. Sebab, Ia akan lebih kesulitan untuk menggerakan paruh untuk mengacak-acak pakan. Jadi, ketimbang mengacak-acak pakan, burung ini pun akan cenderung mengambil pakan untuk dimakan, dan bukan untuk diacak-acak seperti yang biasa Ia lakukan.

Cara mudah mengatasi Lovebird yang suka mengacak-acak pakan di atas merupakan yang termudah untuk diterapkan. Kendati demikian, namun keduanya sudah tergolong ampuh. Sehingga bila Anda mendapi masalah ini pada burung kesayangan Anda, sangat dianjurkan untuk menerapkan kedua cara ini.