Cara Mengatasi Lovebird yang Telat Ngekek di Lapangan

Advertisement
Advertisement
Mengatasi Lovebird yang telat ngekek di lapangan menjadi hal yang paling sering dilakukan belakangan ini. Sebab, antuasias peserta yang berlebih membuat Lovebird (LB) yang kita miliki jadi kurang mental, sehingga berdampak pada telatnya Ia untuk ngekek.

Memang, kendati bisa di atas dengan persiapan yang matang, namun ketidakstabilan performa LB membuat pemilik sering gusar. Pasalnya, kendati telah melakukan persiapan dan yakin dengan performa burung, namun tidak ada yang bisa menjamin kalau LB bisa tampil prima dan maksmal saat kontes berlangsung.

lovebird telat ngekek, lovebird ngekek, lb ngekek

Cara Mengatasi Lovebird yang Telat Ngekek Di Lapangan
Cara di bawah ini merupakan metode yang pas untuk mengatasi LB yang telat panas dan ngekek di lapangan. Dengan menerapkan metode ini, diharapkan burung akan lebih cepat panas dan ngekek di arena kontes.

Satu lagi. Metode ini tidak jalankan pada hari pelaksanaan, melainkan persiapan yang harus dilakukan pada beberapa hari sebelumnya. Untuk itu, sebelum Anda mendatangi dan mengikuti arena kontes, sangat dianjurkan untuk menerapkan tips dan cara ini. Sebab, jika Anda menerapkan cara ini, burung yang tadinya telat ngekek akn mudah teratasi.

Adapun cara mengatasi Burung Lovebird yang telat ngekek  di lapangan sendiri adalah:

1. Persiapan pada H-1
Sehari sebelum mengikuti kontes, pastikan persiapan menyangkut skill yang Anda berikan sudah matang. Dengan persiapan ini diharapkan burung akan lebih mudah untuk memiliki mental dan skill yang sudah matang.

Di samping itu, persiapkan juga performa burung dengan memberinya perawatan harian yang mantab dan dianjurkan untuk burung jawara.

Rawatan ini tidak berbeda jauh dengan rawatan umum. Namun yang menjadi pembeda di sini adalah metode pemandian dan penjemuran. Jika biasanya burung dimandikan lalu dijemur, pada H-1 ini burung hanya perlu dimandikan lembut tanpa perlu dijemur.

 Karena LB kali ini tidak jemur, maka untuk mengatasi Lovebird telat ngekek di lapangan ini cukup diangin-anginkan saja di tempat yang teduh dan rimbun. Jika sudah, burung harus disimpan di tempat yang tenang dan tanpa gangguan dari LB lain.

Sedangkan untuk urusan pakan, rawatan ini boleh menggunakan pakan yang sama dengan rawatan harian seperti biasanya. Tapi, agar performa dan kestabilan LB lebih terjaga, sangat dianjurkan untuk memberikan Millet putih dan jagung muda.

2. Persiapan pada hari H
Saat hari H, pastikan untuk mengembunkan burung terlebih dahulu. Cara ini akan membuat peforma dan stamina  burung lebih baik. Sedangkan untuk perawatan pada hari H sendiri hampir sama dengan perawatan pada H-1, tapi usahkan untuk datang lebih awal dan arena untuk melakukan penggantangan sangkar burung di arena lomba.

Cara mengatasi Lovebird yang telat ngekek di lapangan sendiri akan membuat LB lebih terbiasa dengan lingkungan kontes. Dengan begitu, mental burung akan lebih terjaga. Dan, apabila mental burung sudah terjaga, maka masalah telat ngekek pun akan dapat ditangani dengan mudah.

Perlu diingat. Tips dan cara ini bisa dilakukan oleh semua jenis LB. Namun itu tadi. LB yang dianjurkan menggunakan tips ini hanyalah LB yang sudah matang dan siap lomba saja. Karena jika tidak, maka hasil yang akan didapat nanti sangat diragukan berhasil.