Manfaat Menggantang Burung Lovebird

Advertisement
Advertisement
Menggantang Burung Lovebird (LB) merupakan satu dari beberapa perawatan yang harus dilakukan. Sebab, sama halnya dengan perawatan dan pelatihan yang lain, cara ini pun akan memberikan manfaat baik untuk perkembangan mental, kesehatan dan performa burung kelak.

Sebab itu, perawatan ini harus tetap dilakukan untuk mendapatkan performa burung yang baik. Apalagi kalau burung yang Anda pelihara adalah burung kontes. Tentu perawatan seperti penggantangan ini harus terus dilakukan demi menjaga kestabilan performa burung. Agar saat burung mengikuti kontes, Ia akan memberikan penampilan yang sesuai dengan harapan dan merengkuh juara.

menggantang lovebird

Cara Menggantang Burung Lovebird
Berikut adalah beberapa tahapan cara yang harus dilakukan dalam menggantang burung cantik yang satu ini:
1. Mandikan burung yang akan digantang dengan air bersih.
2. Setelah proses mandi selesai, segera berikan pakan yang bernutrisi untuk burung. Agar burung sehat, performanya mantab dan gahar di arena.
3. Jika sudah, baru gantang burung di lingkungan yang terbuka, sejuk dan terkena sinar matahari.
4. Waktu penggantangan sendiri disesauaikan dengan kebutuhan. Sedangkan untuk lebih meningkatkan performa burung, sangat dianjurkan untuk memudah audio masteran selama proses penggantangan berlangsung.

Tahapan cara yang sudah disampaikan di atas adalah yang paling mudah untuk dilakukan. Sebenarnya, selain tahapan cara di atas, masih banyak tahapan cara yang lain, tergantung Anda mau pilih yang mana.

Manfaat Menggantang Burung Lovebird Secara Teratur
Selain mudah dan praktis, proses penggantangan di atas juga memiliki banyak manfaat yang bagus untuk perkembangan LB. Inilah beberapa di antaranya:

1. Meningkatkan mental burung
Mental yang baik adalah suatu elemen penting dalam burung kontes. Tanpa adanya elemen ini, burung tidak akan mampu tampil maksimal di arena kontes. Sebab, burung akan takut dan cenderung pasif.

Maka dari itu, latihlah mental burung dengan menggantangnya di area terbuka. Dengan cara ini burung akan terbiasa dengan kondisi lingkungan yang ramai. Sehingga mentalnya akan terbentuk dan semakin membaik.

2. Memaksimalkan suara burung
Linkungan yang terbuka akan membuat suara burung keluar dengan volume yang maksimal. Manfaat menggantang Burung Lovebird ini pun tidak hanya berlaku pada burung asal Afrika ini saja, melainkan burung kicau lain seperti, Murai Batu, Pleci, Kacer dan beragam burung kicau lain pun akan mendapatkan manfaat ini.

Sebab itu, sangat dianjurkan untuk menggantang burung di area terbuka setiap hari. Selain untuk menambah kualitas suara dan volumenya, perawatan ini pun akan membuat burung Anda jadi makin gahar di arena lomba nanti.

Itulah beberapa manfaat menggantang Lovebird lengkap dengan caranya. Jika ingin performa burung meningkat dengan signifikan, sebaiknya terapkan perawatan ini dengan pelatihan lain seperti pemasteran dan lainnya.