Stelan Pakan Anakan Lovebird Ala Jawara

Advertisement
Advertisement
Pemberian pakan untuk anakan Lovebird terbilang sangat penting. Karena selain berguna untuk meningkatkan kesehatan dan performanya, pemberian pakan yang baik juga akan membuat anakan tadi tumbuh menjadi burung dengan kualitas yang baik pula.

Tapi Anda juga hati-hati. Pemberian pakan Lovebird (LB) anakan tidak sama dengan yang dewasa. Kemampuan mencerna dan memproses pakan pada anakan LB cenderung lebih lama dan merepotkan, sehingga memerlukan stelan khusus agar pakan tersebut mudah diproses dan baik juga untuk perkembangan dan pertumbuhan LB tadi.

pakan lovebird

Namun perlu diingat juga. Jenis dan pola pemberian pakan juga penting demi menunjang kemampuan LB untuk kesehatan dan kualitas burung tadi. Maka dari itu, di samping memilih stelan akan dengan jenis dan intensitas pakan yang pas.

Stelan Pakan Anakan Burung Lovebird Ala Jawara
Berikut adalah beberapa contoh stelan pakan yang bisa Anda terapkan untuk setiap anakan LB yang Anda miliki:

1. Saat LB masih anakan dan masih kecil, biarkan Ia dilolohkan oleh induknya. Tapi di samping itu, Anda juga bisa membuat ransum sendiri dengan jenis pakan yang bisa disesuaikan. Namun untuk mendapatkan kesehatan dan kualitas LB yang baik, Anda harus memberikan ransum dengan jenis pakan khusus.

Adapun jenis pakan yang dimaksud adalah:

  • Canary seed
  • Gabah beras merah
  • Millet putih
  • Jagung muda
  • Voer BR-1

2. Jika anakan tadi sudah bisa makan sendiri, berikan jenis pakan berikut untuk stelan pakan anakan Lovebird ala jawara seperti berikut:

  • Canary seed
  • Gabah lampung
  • Millet putih

Berikan stelan pakan di atas saat burung sudah bisa makan sendiri dan sudah dipisahkan dengan indukannya. Jangan lupa, berikan pakan di atas dengan perkiraan yang tepat, agar LB tidak kelebihan pakan yang berujung pada over berahi.

3. Sebagai variasi pakan, berikan burung kesayangan Anda sayuran seperti kangkung yang sudah dicacah setiap 2 kali dalam seminggu.

4. Stelan pakan di atas baiknya diterapkan sampai burung berusia 4 bulan. Setelah burung sudah mencapai usia 4 bulan, berikan pola perawatan dan jenis pakan ideal ala burung dewasa.

Stelan pakan anakan Lovebird di atas merupakan stelan yang umum diberikan pada burung-burung jawara. Jadi, jika Anda ingin burung kesayangan Anda menjadi jawara, silahkan terapkan stlelan pakan di atas untuk anakan burung yang Anda miliki.