Mengapa Telur Lovebird Tidak Menetas

Advertisement
Advertisement
Terkadang pemilik LB, khususnya yang masih baru, sering kali bertanya mengapa telur Lovebird tidak menetas. Padahal, menetas atau tidaknya sebuah telur tergantung dari indukan dan treatment yang kita berikan. Seperti halnya seekor burung. Saat kita lepas tanpa diberi perawatan khusus, burung itu pun akan sakit dan akhirnya mati.

Tidak jauh berbeda dengan telur. Untuk menjaganya agar bisa menetas, kita juga harus memperhatikan perkembangan dan perawatan telur itu sendiri. Dengan kata lain, perawatan dan penjagaan telur agar tetap berkembang dengan selamat adalah faktor yang menentukan menetas atau tidaknya sebuah telur.

telur lovebird tidak menetas, telur lovebird, lovebird bertelur

Tapi, selain kedua hal tadi, ada beberapa hal lain yang mempengaruhi penetasan sebuah telur. Dan tentu saja, Anda juga harus memperhatikan hal-hal tersebut untuk mencegah tidak menetasnya telur Lovebird (LB) yang Anda miliki.

Alasan Mengapa Telur Lovebird Tidak menetas
Berikut adalah beberapa hal yang umumnya menjadi alasan kenapa telur LB tidak bisa menetas sebagaimana mestinya:

1. Proses perkawinan yang tidak berjalan dengan baik
Seperti yang sudah diingatkan di beberapa tulisan sebelumnya. Proses perkawinan merupakan hal yang memiliki andil besar dalam menunjang kesuksesan perkembangbiakan LB. Dan dalam proses perkembangbiakan itu sendiri ada proses pembuahan telur yang harus dilakukan pejantan pada betina.
Artinya, saat telur-telur tersebut tidak dibuahi dengan baik, maka bisa dipastikan kalau telur-telur tadi tidak akan bisa menetas sebagaimana mestinya.

2. Indukan tidak mendapat asupan pakan yang baik
Alasan mengapa telur Lovebird tidak menetas ini sebenarnya alasan klasik. Dimana saat indukan tidak mendapat asupan pakan yang baik, kualitas telur yang produksi pun tidak akan baik, bahkan beberapa justru infertil atau kosong.

Hal ini tentu jadi kerugian tersendiri bagi Anda selaku pemilik. Untuk itu, demi menjaga kualitas telur dan indukan burung yang Anda miliki, pastikan Anda menjaga asupan pakan, khususnya pakan khusus yang berguna untuk merangsang hormon dan birahi indukan betina.

3. Usia indukan belum matang
Sudah bukan rahasia lagi kalau usia merupakan faktor utama kesuburan seekor burung. Karena saat Ia masuk usia subur, bisa dipastikan kalau proses perkawinan yang Ia jalani, asalkan itu adalah perkawinan dengan pejantan, proses perkawinan tersebut akan berjalan baik dan membuahkan telur yang dapat menetas pula.

Alasan kenapa telur Burung Lovebird tidak menetas ini pun cukup banyak ditemui. Untuk itu, kawinkanlah indukan burung saat usianya sudah matang, atau sudah menginjak usia minimal 1 tahun.

Alasan lain mungkin akan menjawab pertanyaan tentang tidak bisa menetasnya telur LB. Tapi dari semua alasan yang ada, 3 alasan di atas yang paling utama dan sering ditemui pada proses budidaya burung cantik yang satu ini.