Tips Dongkrak Stamina Lovebird Agar Moncer di Lapangan

Advertisement
Advertisement
Memiliki burung Lovebird (LB) dengan stamina yang baik adalah dambaan untuk semua orang. Namun, jika harus membeli burung LB dengan kualitas yang demikian pasti harganya sangat mahal. Untuk itu, alternatif terbaik untuk menangani masalah ini adalah dengan membudidaya atau menangkar burung sejak dini. Walaupun sulit, cara ini dinilai lebih murah dan efektif.

Dalam proses penangkaran sendiri ada beberapa perawatan dan pelatihan yang harus dijalani. Untuk hal ini, perawatan dan pelatihan yang dimaksud merupakan yang dilakukan untuk meningkatkan stamina dan performa burung.

lovebird berstamina

Metode Mendongkrak Stamina Lovebird Agar Moncer di Lapangan
Inilah cara terbaik untuk mendongkrak stamina burung di atas arena:
1. Pada pagi hari, atau sekitar jam 6.30 pagi, keluarkan burung dari ruangan dan tempatkan di luar rumah untuk diangin-anginkan selama 1 jam.
2. Pada jam 7.30 pagi mandikan burung dengan metode sprayer,kemudian jemur.
3. Penjemuran sendiri dilakukan sampai jam 1 siang. Hal ini dilakukan demi menambah stamina dan meningkatkan performa burung di atas arena nanti.
4. Setelah jam 1 siang, segera tempatkan burung ke tempat yang sejuk, lalu angin-anginkan selama 10 – 20 menit.
5. Selanjutnya berikan pakan yang sehat dan bernutrisi.

Cara Mendongkrak Stamina Burung LB dengan Pakan yang Bernutrisi
Berikut adalah beberapa jenis pakan yang bisa digunakan untuk meningkatkan stamina burung di atas arena:

1. Jagung manis
Jenis pakan ini merupakan yang paling disukai oleh LB. Sebab, selain rasanya manis dan enak, khasiatnya yang mampu memperkuat otot dan kekebalan tubuh membuat pakan ini banyak digunakan sebagai pakan tambahan atau EF.

Khasiat jagung sendiri didapat bukan tanpa sebab. Kandungan dari jagung sendiri cukup beragam. Mulai dari beta karoten, vitamin B, C, dan folat yang terkandung dalam jagung muda akan membuat stamina burung jadi makan baik dan terjaga.

2. Apel
Buah untuk tips dongkrak stamina Lovebird agar moncer di lapangan ini mungkin jarang disadari banyak orang. Padahal, selain rasanya yang enak, buah ini juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk menambah stamina burung.

Sebut saja vitamin C. Vitamin yang diidentikan dengan jeruk ini akan membuat daya tahan tubuh burung semakin baik. Selain itu, vitamin ini juga akan membuat stamina burung semakin meningkat, sehingga baik penampilan burung di arena kontes.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mendongkrak stamina burung. Selain mudah, tips di atas juga dinilai efektif dan murah, sehingga cocok untuk Anda yang masih pemula.