Tips Sukses Melatih Burung Lovebird

Advertisement
Advertisement
Tidak sedikit dari peternak pemula yang sering menanyakan tentang tips sukses melatih Burung Lovebird, merawatnya, dan memberinya pelatihan yang tepat dan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh burung yang satu ini.

Menurut para pemula tersebut, melatih dan merawat burung, khususnya burung Lovebird (LB) adalah yang tersulit. Kendati burung ini cenderung jinak dan ramah dengan manusia, rasa asing terhadap pemilik baru membuatnya jadi lebih agresif dan sulit diatur. Sehingga, untuk mendapatkan kualitas burung baik, harus ada tips sukses yang harus dijalankan dalam setiap pelatihan dan perawatan burung.

lovebird juara

Beberapa Tips Sukses Melatih dan Merawat Burung Lovebird
Berikut adalah beberapa tips sukses yang bisa Anda terapkan dalam merawat dan melatih burung LB kesayangan Anda:

1. Kenali burung Anda
Mengenali burung bukan berarti mengenali jenis atau karakter burung yang miliki, melainkan mengenali apa saja hal-hal yang Ia suka dan tidak Ia sukai.

Cara ini memang sangat sulit, bahkan bisa berlangsung dalam waktu yang begitu lama. Namun untuk memaksimalkan proses pengenalan ini, Anda bisa terapkan proses pengenalan ini setiap kali memberikan perawatan dan pelatihan burung.

Kenali EF mana yang paling Ia suka, kondisi mana yang cocok dengan sarangnya, dan cermati hal-hal apa saja yang membuatnya jadi stres dan panik. Tips sukses merawat dan melatih Burung Lovebird ini akan lebih mendekatkan Anda dengan burung kesayangan Anda, sehingga meningkatkan efektivitas pelatihan dan perawatan yang Anda berikan nantinya.

2. Dapatkan kepercayaan burung
Kepercayaan tidak hanya dimiliki manusia, melainkan juga burung, termasuk burung LB. Dalam hal ini, kepercayaan burung akan diberikan pada siapa saja yang memberikan perawatan yang benar dan sesuai dengan kemampuan burung. Maka untuk mendapatkan kepercayaan tersebut, seorang pemilik harus memberikan pola perawatan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan burung.

3. Beri pengehargaan untuk burung
Penghargaan akan meningkatkan rasa percaya burung pada siapa saja yang memberinya. Dalam masalah ini, pengehargaan baru akan diberikan burung saat Ia melakukan aktivitas dan kegiatan yang diinginkan perawatnya.

Tips sukses melatih Lovebird ini juga akan menambah kedekatakan antar burung dan pemiliknya. Itu berarti, saat Anda menerapkan cara ini pada burung kesayangan Anda, bisa dipastikan Anda akan mendapatkan kepercayaan dan kedekatan dengan burung yang Anda miliki.

4. Terapkan pelatihan secara bertahap
Burung ini sama halnya dengan manusia, Ia tidak akan mampu mendapatkan perawatan yang berlebihan dan tidak sesuai dengan kemampuannya. Maka dari itu, berikanlah perawatan dan pelatihan yang ringat terlebih dahulu, baru kemudian ditingkatkan seiiring perkembangan performa dan skill burung.

Tips sukses melatih Lovebird di atas merupakan tips pelatihan yang bisa diterapkan pada semua jenis burung LB, sehingga apapun jenis LB yang Anda miliki, semuanya bisa dilatih menggunakan tips pelatihan yang telah disebutkan di atas.