Beberapa Hal Penting Dalam Penangkaran Lovebird

Advertisement
Advertisement
Mengetahui dan memahami beberapa hal penting dalam penangkaran Lovebird (LB) merupakan hal wajib yang harus dilakukan. Sebab, tentu sudah kita ketahui bersama kalau menangkar atau membudidaya burung, khususnya LB, adalah kegiatan yang penuh dengan resiko. Sehingga untuk mencegah resiko tersebut timbul dan menyebabkan masalah, penting hukumnya untuk mengetahui tata cara perawatan yang baik dan benar.

Namun pada beberapa kasus, tidak sedikit dari breeder yang paham dan mengamalkan tata cara menangkar LB yang baik dan benar, tapi pada kenyataanya mereka justru gagal dan bangkrut. Lalu, apa yang salah dengan mereka?

penangkaran lovebird

Yang pertama, mungkin pengalaman cara perawatan yang mereka maksudkan tadi kurang maksimal. Kedua, mungkin mereka tidak tahu dan paham dengan beberapa hal penting dalam penangkaran Burung Lovebird.

Ya, ketidak pahaman seseorang tentang hal penting dalam penangkaran burung ini tentu menjadi sumber masalah yang sangat besar. Sebab, dengan tidak tahunya breeder akan masalah ini, maka bisa dijamin, penangkaran yang mereka lakukan pasti akan memiliki beragam masalah dan kendala yang serius. Untuk itu, penting hukumnya untuk tahu dan paham tentang beberapa hal penting tersebut.

Beberapa Hal Penting Dalam Penangkaran Burung Lovebird
Untuk Anda yang masih gagal dan bermasalah dengan penangkaran LB, cobalah perhatikan beberapa hal berikut:

1. Pemilihan indukan yang matang
Mungkin ini jarang disadari banyak orang. Karena ingin buru-buru memiliki anakan yang bisa dijual, terkadang para breeder burung menjodohkan indukan yang belum matang, sehingga membuat perjodohan akan berlangsung alot dan tidak lancar.

Umur indukan yang matang sendiri adalah 8 – 12 bulan. Sudah melewati masa mabung dan sudah memiliki kemampuan untuk berkicau dengan varias suara yang beragam.

2. Pemenuhan gizi yang baik
Pemenuhan asupan gizi adalah kunci dari kesuksesan penangkaran. Sebab dengan cara ini burung akan tumbuh dengan baik dan berkembang menjadi indukan atau bakalan yang dapat dijual  dengan harga yang tinggi.

Hal penting dalam penangkaran Lovebird ini bisa dilakukan dengan 2 cara. Pertama, dengan asupan pakan yang cukup dan bernutrisi. Dan yang kedua dengan asupan multivitamin yang cukup. Ingat, agar tubuh burung tetap sehat dan bugar, terapkan kedua cara ini secara berbarengan dan teratur.

3. Penjodohan
Penjodohan bisa dilakukan dengan banyak metode. Tapi, salah satu metode yang paling umum adalah dengan melakukan pendekatana antara jantan dan betina. Dengan cara ini, proses penjodohan akan berjalan lancar, sukses dan sesuai yang kita inginkan.

Cara ini juga cukup mudah untuk diterapkan. Hanya dekatkan sangkar pejantan dan betina yang matang, biarkan mereka berkomunikasi, kalau sudah klop cocok, masukan mereka ke kandang kawin yang sudah disiapkan.

4. Pemilihan kandang
Salah satu hal paling penting dalam penangkaran Lovebird adalah memilih kandang atau sangkar yang ideal, tidak terlalu kecil atau pun terlalu besar. Dengan menerapkan hal ini, burung akan merasa nyaman untuk tinggal dan berkembang biak di kandang tersebut.

Perlu dicatat. Beberapa hal penting dalam menangkar burung Lovebird di atas mungkin hanya segelintir kecil dari keseluruhan hal penting yang ada. Kendati demikian, beberapa hal di atas merupakan hal yang paling penting, sehingga perlu diperhatikan dengan benar demi kesuksesan dan kelangsungan proses penangkaran LB yang Anda jalani.