Cara Memasang Cincin atau Ring Pada Kaki Lovebird

Advertisement
Advertisement
Memasang cincin atau ring pada kaki Lovebird merupakan kegiatan umum yang kerap dilakukan oleh banyak breeder. Menurut mereka,dengan memasang cincin ini, indentitas peternak akan lebih dikenal apabila burung memenangkan sebuah kontes atau lomba.

Tentu hal ini merupakan tradisi sejak zaman dahulu. Karena pada zaman dulu, pembeli umumnya mencari burung pda arena kontes atau lomba. Mendekati pemilik burung yang jawara, lalu menanyakan burung yang bisa Ia beli.

memasang ring atau cincin lovebird, cincin lovebird, ring lovebird

Meskipun terkesan kuno. Tradisi seperti ini masih sering digunakan. Karena selain unik dan khas, tradisi seperti ini juga digunakan sebagai ajang promo. Sebab, karena jika burung yang dimilikinya keluar sebagai jawara, maka pemilik burung tadi akan dikenal dengan kualitas burung baik dan bagus.

Tips dan Cara Memasang Cicin atau Ring Pada Kaki Lovebird
Meskipun terkesan kuno dan jadul, namun tidak ada salahnya untuk menggunakan cara seperti ini demi meningkatkan popularitas Anda di mata kicaumania. Bagaimana, tertarik mencobanya?
Tapi, perlu Anda ketahui bersama, kalau memasang cincin itu tidak boleh sembarangan. Sebab, kaki burung yang semakin hari semakin besar harus diberi cincin dengan ukuran yang ideal. Namun selain itu, proses pemasangan juga harus tepat. Tidak melukai kaki burung atau pun membuatnya stres.

Adapun untuk proses dan tahap pemasangan cincin adalah sebagai berikut:

1. Pijat kaki burung
Tahap pertama dalam cara memasang cincin atau ring pada kaki Lovebird ini akan membuatnya nyaman, rileks dan tidak tegang dipasangkan cincin di kakinya. Sebab, bagaimana pun juga, kondisi tegang akan menyulitkan Anda dalam memasangkan cincin di kaki burung. Kalau pun bisa, kaki burung mungkin akan terluka atau terkilir akibat dipaksa memakai cincin.

Proses pemijatan sendiri bisa dilakukan secara mandiri. Cukup pegang kaki burung secara perlahan, berikan pijatan dan sentuhan lembut, burung akan merasa rileks dan tenang, sehingga siap untuk dipasangkan cincin di bagian kakinya.

2. Berikan minyak pelumas
Pemberian minyak ini sendiri dilakukan untuk memudahkan Anda dalam memasang cincin atau ring pada kaki Lovebird.

Untuk proses pemberian sendiri terbilang sangat mudah. Cukup oleskan minyak pelumas atau minyak kelapa pada kaki burung, proses pemasangan cincin pun bisa langsung dilakukan. Namun perlu diingat. Pemberian ini harus terlu dilakukan jika sewaktu-waktu cincin sulit dimasukan. Dengan tujuan, agar minyak tadi bisa melumasi kaki untuk memudahkan proses pemasangan cincin tadi.

3. Pasangkan cincin
Jika kaki burung sudah dipijat dan dilumasi dengan minyak pelumas, segera pasangkan cincin dengan cara berikut:
  • Pertama, masukan tiga jari terdepan dari kaki burung ke dalam cincin. Sedangkan untuk jari belakang tengkung ke belakang.
  • Setelah itu, tahapan memasang cincin atau ring pada kaki Lovebird ini pun dilanjutkan dengan melumasi bagian kaki dan cincin tadi dengan minyak pelumas tadi, lalu diamkan selama 1 menit. 
  • Jika sudah, dorong cincin tadi ke atas hingga ke arah jadi bagian belakang yang tadi ditengkuk. Dorong terus cincin tersebut hingga ke bagian atas kaki dan melewati jari bagian belakang tadi. 

Perlu diperhatikan bersama. Cara ini mungkin akan terkesan menyulitkan untuk Anda yang baru pemula, sehingga untuk Anda para pemula yang ingin menerapkan cara di atas baiknya hati-hati. Lakukan cara ini dengan perlahan. Namun jika cincin tadi memang sudah tidak bisa masuk ke kaki burung, baiknya hentikan cara memasang cintin atau ring pada kaki Burung Lovebird ini segera untuk menghindari cedera.