Cara Mengatasi Kaki Lovebird yang Bengkak Karena Gigitan Nyamuk

Advertisement
Advertisement
Cara mengatasi kaki Lovebird yang bengkak karena  gigitan nyamuk mungkin menjadi metode atau cara yang tidak biasa dilakukan oleh banyak orang. Sebab, kasus kaki bengkak pada burung peliharaan, khusus yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk, bisa dibilang sangat sedikit, sehingga wajar jika sedikit pula orang yang menerapkan metode perawatan yang satu ini.

Namun tentu saja, walaupun kasusnya sangat sedikit, namun beberapa perawat dan pembudidaya kerap mengenali kasus seperti ini. Apalagi kalau tempat perawatan atau budidaya burung ini dekat dengan wilayah pengembangbiakan nyamuk. Maka bisa dipastikan kalau resiko kaki bengkak akibat gigitan nyamuk pun akan semakin tinggi.

kaki lovebird bengkak

Cara Mencegah Kaki Lovebird yang Bengkak Karena Gigitan Nyamuk
Jika Anda merawat Lovebird (LB) di wilayah atau tempat yang dekat dengan tempat perkembangbiakan nyamuk, maka berikut adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kaki bengkak akibat gigitan nyamuk yang bisa dilakukan:

1. Membuang atau mengubur tempat penampungan air yang menjadi tempat perkembangbiakan jentik nyamuk.
2. Melakukan fogging atau penyemprotan asap pembasmi nyamuk setiap satu bulan sekali demi membunuh nyamuk dan larvanya.
3. Melakukan pengredongan sertiap malam.
4. Pada malam hari, usahakan untuk selalu menutup ruangan tempat perkembangbiakan burung.

Cara Mengatasi Kaki Burung Lovebird yang Bengkak Karena Gigitan Nyamuk
Jika Anda telah mendapati kaki burung Anda mengalami pembengkakan, dan itu disinyalir akibat gigitan nyamuk, maka berikut adalah penanganannya:

1. Siapkan air hangat secukupnya
Perhatikan, air hangat ini jangan sampai terlalu panas, serta jangan juga terlalu dingin. Baiknya gunakan air hangat yang memiliki hangat kuku. Dengan ukuran kehangatan tersebut, burung tidak akan shock dan stres karena kaget dengan air yang terlalu panas.

2. Pegang burung dengan perlahan selama beberapa menit di atas air hangat
Asa Anda tahu. Cara ini merupakan cara terbaik yang bisa dilakukan untuk membiasakan burung terhadap panas air yang Anda siapkan.

Salah satu tahapan dari cara mengatasi kaki Burung Lovebird yang bengkak akibat gigitan nyamuk ini sangat baik dilakukan. Sebab, dengan memeganggnya dengan perlahan, dan menempatkannya di atas air hangat tanpa menyentuhnya, burung akan lebih terbiasa dan tidak panik kalau kakinya sudah direndam nanti.

3. Rendam kaki LB yang bengkak pada air panas
Agar burung tidak panik dan stres, baiknya lakukan cara ini dengan perlahan. Sedangkan untuk hasil yang lebih maksimal, lakukan cara ini paling tidak 10 menit sekali rendam.

Namun perlu dicatat. Pengobatan ini bukan pengobatan yang satu kali dicoba terus langsung sembuh. Sebab, untuk hasil kesembuhan yang lebih cepat, sangat dianjurkan untuk menerapkan cara ini minimal 2 – 3 kali per minggu sampai kaki burung kembali pulih seperti semula.

Cara mencegah dan mengatasi kaki Lovebird yang bengkak karena gigitan nyamuk di atas baiknya diimbangi dengan menggunakan Spektra, obat anti bengkak untuk burung yang bisa Anda dapatkan di toko burung terdekat.