Cara Mengatasi Lovebird Nyilet (Kurus Kering)

Advertisement
Advertisement
Lovebird (LB) merupakan jenis burung dengan kualitas suara yang memukau dan tampilan fisik yang cantik. Dengan keunggulan tersebut, wajar kalau burung dijadikan sebagai burung peliharaan favorit. Karena selain cantik, dengan kualitas suara yang demikian, burung ini pun kerap dilombakan di beberapa kontes burung.

Pelatihan dan perawatan burung ini tidaklah sulit, bahkan cenderung mudah. Hal itu karena sifatnya yang mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru membuatnya jadi mudah dirawat dan dilatih.

lovebird nyilet, lovebird kurus

Tapi, walaupun mudah dilatih dan dirawat, burung ini pun sama dengan burung kicauan lain, mudah terkena penyakit. Dada nyilet contohnya. Tidak hanya membuat performa burung ini menurun. Penyakit ini pun akan membuat burung jadi lebih lemas dan terkulai lemas didasar sangkar. Lalu, Bagaimana Cara Mengatasi Lovebird Nyilet?

Dada nyilet sendiri adalah kondisi dimana burung mengalami penurunan berat badan yang signifikan. Gejala paling mudah terlihat dari penyakit ini adalah badan burung yang kurus, dada yang membusung dan penurunan nafsu makan yang signifikan.

Penyebab penyakit ini pun beragam. Namun dari semua penyebab yang ada, berikut adalah beberapa yang paling sering terlihat:

1. Mengidap cacingan yang kronis
2. Terkena penyakit gondok
3. Keracunan logam berat
4. Malgizi
5. Kurang mendapat asupan pakan

Untuk mencegah penyakit ini timbul, sangat dianjurkan untuk  menjauhkan burung dari kelima penyebab di atas. Sedangkan jika burung sudah mengidap dada nyilet, ada baiknya terapkan cara mengatasi Lovebird nyilet (kurus kering) seperti berikut:

1. Lakukan isolasi
Isolasi perlu dilakukan demi mempercepat proses penyembuhan. Selain itu, tahapan ini juga akan mencegah burung lain terganggu dengan kondisi ini.

Untuk itu, pindahkan burung yang mengalami dada nyilet ke tempat yang lebih tenang, sejuk, sepi dan bebas dari gangguan predator atau burung lain. Jangan lupa berikan kerodong pada sangkarnya untuk mencegah udara dingin masuk dan membuat burung masuk angin.

2. Lakukan perawatan lain kecuali mandi, berjemur, dan latihan
Dengan menerapkan perawatan rutin burung akan jadi lebih aktif, sehingga mengurangi gejala lemas atau lesu yang dialami pada penyakit ini. Cara mengatasi Burung Lovebird nyilet ini juga penting untuk mempercepat proses penyembuhan. Pasalnya, dengan menerapkan cara ini tubuh burung akan lebih bugar, sehingga mempercepat proses penyembuhan itu sendiri.

3. Berikan pakan yang bernutrisi dan multivitamin
Pembirian pakan pada kondisi mungkin akan sulit dilakukan. Karena dengan kondisi nyilet burung akan cenderung kehilangan nafsu makan. Maka, untuk menyuplai asupan nutrisi pada tubuh burung, sangat dianjurkan untuk melolohkan burung dengan pakan yang bernutrisi dan multivitamin.

Tiga cara mudah mengatasi Lovebird nyilet di atas baiknya diterapkan pada penderita yang tingkat keparahan yang rendah dan sedang. Namun untuk penderita yang kronis, sangat dianjurkan untuk dirujuk ke dokter hewan untuk dilakukan penanganan yang lebih serius.