Cara Mengatasi Lovebird yang Stres

Advertisement
Advertisement
Cara mengatasi Lovebird yang stres sendiri merupakan perkara wajib yang harus dilakukan oleh beberapa breeder. Sebab, stres sendiri adalah masalah utama yang kerap timbul dan mengakibatkan masalah baru untuk burung cantik yang satu ini.

Sebut saja over stres, penurunan performa atau beberapa masalah akibat stres lainnya. Selain mengganggu kesehatan burung, stres juga membuat burung mengalami penurunan performa, sehingga berdampak buruk pada penampilan Lovebird (LB) saat lomba atau kontes.

lovebird stres

Penanganan stres sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara, adapun untuk cara yang lebih efektif dan efesien adalah seperti cara berikut.

Cara Mudah Mengatasi Lovebird yang Stres
Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mngatasi dan menanggulangi masalah stres pada LB:

1. Tempatkan burung di tempat yang lebih tenang
Salah satu penyebab stres pada LB adalah karena lingkungan yang terlalu berisik dan tidak tenang. Sehingga, untuk mencegah dan menanggulangi stres, sangat dianjurkan untuk menempatkan LB ke tempat yang lebih tenang, sepi dan bebas dari gangguan predator.
Penempatan sangkar ini sendiri tidak mengacu pada ruangan A atau B. Asalkan ruangan atau tempat tersebut nyaman dan sesuai dengan kebutuhan burung, Anda bisa jadikan ruangan atau tempat ini sebagai tempat untuk menempatkan sangkar LB.

2. Lakukan pengerodongan
Cara mengatasi stres pada Burung Lovebird ini merupakan alternatif dari cara nomor satu. Jika cara di atas tidak memungkinkan untuk dilakukan, Anda bisa gunakan cara ini sebagai alternatifnya.
Tapi, cara ini pun tidak dilakukan dengan penerapan yang sembarang, perlu cara dan trik khusus dalam menerapkan cara ini. Tujuannya, agar saat diterapkan, metode ini akan menghasilkan hasil yang baik dan sesuai dengan yang Anda inginkan.

Penerapan dari cara ini pun terbilang mudah. Cukup dengan mengerorongkan sangkar burung selama kondisi LB stres, maka dengan sendirinya kondisi burung akan segera membaik, dan stres pun akan perlahan hilang.

3. Rawatlah dengan rawatan yang benar
Cara mudah mengatasi stres pada Lovebird ini mungkin jarang disadari banyak orang. Padahal, jika ditelaah lebih lanjut, cara inilah yang lebih mudah ketimbang cara yang lain. Sebab itu, jika Anda kesulitan untuk menerapkan cara-cara yang lain, sangat dianjurkan untuk menerapkan cara yang satu ini.

Bagaimana tidak. Selain mudah dan murah, cara ini pun cukup efektif untuk mengatasi burung yang stres. Mengingat penyebab sendiri adalah salah perawatan, maka penanganan terbaik adalah dengan mengganti perawatan yang salah dengan perawatan baru yang lebih baik dan sesuai anjuran.

Itulah tadi, beberapa cara mengatasi Lovebird yang stres dengan metode dan cara yang mudah, murah dan praktis. Ketiganya memiliki tingkat kesulitan yang berbeda satu sama lain. Namun untuk hasil dan efektivitas, ketiganya sama-sama baik dan bisa digunakan untuk semua jenis LB yang stres.