Cara Mengobati Lovebird Mencret, Diare, Berak Kapur

Advertisement
Advertisement
Cara mengobati Lovebird mencret, diare, berak kapur merupakan pengobatan yang paling wajib dilakukan demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh si burung. Pasalnya, tanpa penanganan seperti ini, kondisi burung akan semakin parah dan memburuk.

Penanganan ini sendiri mengacu pada proses penyembuhan Lovebird (LB) yang sakit dengan metode sederhana dan mudah, sehingga tidak akan menyulitkan Anda dalam menyembuhkan burung cantik yang satu ini.

lovebird mencret, lovebird diare

Namun walau pun mudah dan gampang, Anda juga harus tetap memperhatikan penerapan dari cara yang satu ini. Sebab, tanpa diperhatikan dengan baik, cara-cara ini mungkin tidak akan memberikan manfaat yang baik untuk menyembuhkan burung cantik yang satu ini.

Cara Mudah Mengobati Lovebird Mencret, Diare, Berak Kapur
Untuk Anda yang memiliki burung yang menderita mencret, diare, dan berak kapur, inilah pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasinya:

1. Pindahkan burung ke sangkar isolasi
Pemisahan ini akan meminimalisir resiko penularan diare atau penyakit sejenis pada burung yang sehat. Selain itu, cara ini juga akan membuat burung yang dirawat akan lebih cepat sembuh karena fokus pada tiap pengobatan yang diberikan.

Namun perlu diingat juga. Sangkar isolasi yang digunakan haruslah bersih, bebas dari kotoran atau pun bakteri yang dapat menimbulkan diare, mencret, dan berak kapur. Kalau perlu semprot desinfektan untuk menghilangkan bakteri yang dimaksud. Dengan begitu, sangkar akan jadi lebih bersih, sehat, dan bebas dari bakteri penyebab mencret, diare, dan berak kapur.

2. Berikan pakan yang sehat dan bersih
Cara mengobati Burung Lovebird yang mencret, diare, dan berak kapur ini penting untuk dilakukan. Sebab, dengan memberikan pakan yang sehat dan bersih, burung yang sakit tadi akan mendapat asupan nutrisi yang baik.

Pemberian pakan ini tergantung pada kebutuhan dan kesukaan burung. Jika biasanya burung suka dengan Millet putih dan kangkung, maka berikanlah pakan-pakan tersebut, begitu pun dengan pakan lain. Tapi, agar kesehatan burung lebih terjaga, pastikan pakan atau minuman yang diberikan tadi harus bersih dan bebas dari kotoran.

3. Berikan obat dan multivitamin
Pemberian obat akan membuat kondisi burung lebih baik. Bahkan jika terus dilakukan, cara mengobati Lovebird diare, mencret, berak kapur ini justru akan membuat penyakit tadi sembuh seketika.

Tapi selain obat, untuk menjaga kebugaran burung sewaktu sakit, berikan juga multivitamin yang cukup. Kalau perlu berikan multivitamin khusus burung ini rutin selama dan sesudah burung sakit. Supaya kondisi burung lebih sehat, terjaga dan bebas dari penyakit.

Tiga cara mengobati Lovebird mencret, diare, dan berak kapur di atas adalah cara yang bisa dilakukan untuk burung dengan tingkat keparahan penyakit yang rendah dan sedang. Namun jika kondisi penyakit burung sudah kronis, sangat dianjurkan untuk membawanya ke dokter hewan untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.