Cara Merawat Bulu Lovebird Agar Tetap Bagus dan Indah

Advertisement
Advertisement
Sudah menjadi kewajiban para breeder untuk merawat bulu Lovebird (LB) agar tetap bagus dan indah. Sebab, dengan tampilan bulu yang demikian, burung pun harus mendapatkan perawatan bulu yang baik dan intensif.

Perawatan bulu sendiri bisa dilakukan dengan banyak cara. Semuanya memiliki keistimewan sendiri-sendiri. Namun perlu diingat juga. Perawatan yang diberikan untuk burung haruslah perawatan yang dianjurkan oleh para master burung. Karena jika tidak, perawatan itu pun diragukan efektivitasnya, sehingga sangat tidak dianjurkan untuk diterapkan.

lovebird bagus, lovebird indah

Tapi, untuk Anda yang masih bingung dengan perawatan untuk bulu burung yang tepat dan efektif, berikut beberapa perawatan dianjurkan untuk merawat dan menjaga kecantikan bulu Lovebird.

Cara-Cara Merawat Bulu Lovebird Agar Tetap Bagus dan Indah
Berikut dalah perawatan yang bisa dilakukan untuk menjaga dan merawat kecantikan bulu yang dimiliki LB:

1. Jemur burung dengan durasi yang tepat
Durasi penjemuran memang sangat bagus untuk menambah stamina burung. Namun perlu diingat juga. Dalam bulu burung ada zat lilin yang mudah hilang jika terlalu lama dijemur. Zat lilin tersebut selain digunakan untuk mempercantik bulu, juga digunakan untuk menjaga bulu agar tetap kering dan tidak lepek.

Artinya, jika Anda terlalu lama menjemur burung, zat lilin pada bulu pun akan hilang. Sehingga tampilan bulu jadi lebih kusam dan lepek.

Dengan kata lain, cara merawat bulu Lovebird agar tetap bagus dan indah adalah dengan mengurangi durasi berjemur. Dengan cara ini, resiko kehilangan zat lilin akan lebih sedikit, sehingga tampilan bulu tetap cantik.

Durasi penjemuran yang dianjurkan sendiri adalah 2 jam per hari. Untuk waktu penjemuran sendiri sebaiknya dilakukan di pagi sebelum jam 10 pagi. Sebab, sinar matahari di bawah jam 10 pagi adalah sinar yang minim sinar UV, sehingga baik untuk kesehatan dan tidak merusak zat lilin dalam bulu burung.

2. Jangan lupa mandikan setiap hari
Dengan mandi, bulu burung akan terbebas dari parasit, jamur, dan hal lain yang membuatnya rusak dan kusam. Sebab itu, sangat dianjurkan untuk memandikan burung setiap hari.

Cara merawat bulu Burung Lovebird agar tetap bagus dan indah ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan shampo. Tapi shampo yang digunakan di sini adalah shampo khususnya burung yang bisa didapat di toko burung.

Dengan cara ini, bisa dipastikan, bulu-bulu pada LB akan tetap terjaga kecantikannya. Bebas dari parasit, jamur atau pun kutu yang dapat merusak kecantikan bulu.

3. Berikan EF yang baik untuk kesehatan bulu
Pakan adalah penyumbang nutrisi terbesar untuk burung Lovebird, sehingga untuk menjaga keseimbangan nutrisi untuk burung, sangat dianjurkan untuk memberikan pakan yang sehat dan bernutrisi seperti, kangkung, mentimun, buah atau pun pakan bernutrisi lainnya.

Selain cara merawat bulu Lovebird agar tetap bagus di atas, Anda juga bisa memberikan multivitamin dan tidak mengganti-ganti Millet agar kecantikan bulu tidak rusak dan tetap terjaga.