Cara Merawat Lovebird Lomba Bagi yang Sibuk Kerja

Advertisement
Advertisement
Merawat Lovebird (LB) lomba merupakan sebuah keharusan yang wajib dilakukan untuk menjaga performa burung. Sebab, tanpa perawatan ini, performa dan kesehatan burung mungkin akan mengalami penurunan. Entah itu kecil atau signifikan, namun yang jelas kalau burung sudah mengalami penurunan performa, tentu akan berpengaruh untuk penampilannya kelak di atas lomba.

Untuk itu, demi menjaga performa dan penampilan burung saat di arena nanti, sangat dianjurkan untuk menerapkan perawatan yang baik dan benar. Lalu, bagaimana jika sang perawat adalah orang yang sibuk dan memiliki sedikit waktu untuk merawat burung kesayangannya?

lovebird lomba

 Untuk Anda yang memiliki kondisi demikian, sangat dianjurkan untuk menerapkan beberapa cara perawatan seperti yang di bawah ini.

Merawat Lovebird Lomba Bagi yang Sibuk Kerja
Untuk Anda yang sibuk kerja dan ingin tetap merawat LB lomba, inilah tata cara perawatan yang harus diterapkan:
1. Pada pagi hari, khususnya jam 5.30, keluarkan burung kesayangan Anda dari dalam ruangan dan tempatkan di luar rumah. Biarkan mereka menghirup udara segar untuk menjaga kesehatan paru-paru mereka.
2. Siapkan juga pakan untuk burung ini. Tapi, karena Anda tidak bisa memberikan pakan di sore hari karena harus bekerja, sebaiknya gabungkan porsi pagi dan sore di satu wadah yang sama. Jangan lupa, berikan juga pakan yang bernutrisi agar burung tetap sehat dan terjaga performanya.
3. Setelah cara di atas selesai, tips merawat Lovebird lomba bagi yang sibuk kerja berikutnya adalah dengan meletakan pakan tadi di tempat pakan. Pastikan tempat pakan tersebut strategis dan mudah dijangkau.
4. Jika pakan sudah diletakan di dalam sangkar, segera tempatkan sangka tadi ke ruangan atau tempat yang terkena sinar matahari. Cara ini sebagai pengganti berjemur, sehingga Anda tidak perlu lagi menjemur LB sebagaimana perawatan rutin pada umumnya.
5. Setelah perawatan tadi rampung, barulah Anda bisa berangkat bekerja.
6. Pada jam 4 sore, setelah Anda pulang kerja, mandikan burung dengan metode yang disukainya.
7. Jika sudah, tempatkan sangkar burung tadi ke tempat yang terkena sinar matahari selama 30 menit. Baru setelah cara merawat burung LB bagi yang sibuk kerja ini selesai burung bisa langsung dipindahkan ke sangkar untuk dikerodong.
8.  Untuk pemasteran sendiri bisa dilakukan setelah burung dikerodong. Proses ini pun bisa dilakukan selama 1 – 2 jam, tergantung kebutuhan dan keinginan Anda selaku pemilik.

Perlu dicatat. Penerapan cara di atas haruslah rutin dan sesuai anjuran. Selain itu, pakan yang diberikan juga harus yang bernutrisi tinggi, kalauperlu berikan multivitamin sebagai pendongkrak stamina burung.