Cara Merawat Lovebird Pada Musim Hujan

Advertisement
Advertisement
Cara merawat Lovebird (LB) pada musim hujan merupakan satu dari ragam perawatan yang harus Anda ketahui. Sebab, dengan perkembangan musim yang seperti sekarang, yang dimana musim hujan cenderung lebih lama, maka sangat dianjurkan untuk mengetahui cara perawatan yang akan kita bahas ini.

Rawatan ini sendiri tidak jauh beda dengan rawatan harian, hanya ada beberaa penyesuaian sedikit seperti rawatan mandi atau berjemur. Karena tentu saja. Saat musim hujan, udara akan terasa lebih dingin, sehingga rawatan mandi pun harus disesuaikan dengan keadaan saat itu. Begitu pun dengan berjemur. Minimnya sinar matahari menuntut Anda untuk pintar-pintar cari akal agar burung tetap dapat asupan sinar matahari.

lovebird di musim hujan, lovebird kehujanan

Cara Mudah Merawat Lovebird Pada Musim Hujan
Berikut adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk merawat dan mencegah timbulnya penyakit pada LB di musim hujan:

1. Gunakan lampu berspektrum
Lampu ini mungkin memiliki peran yang sama dengan lampu pijar pada peternakan ayam, sama-sama menghangatkan saat musim hujan.

Ya, dengan suhu warna sekitar 5.500 Kelvin, sangat wajar kalau lampu ini pantas digunakan untuk menghangatkan LB di waktu hujan. Sebab, dengan ukuran suhu tersebut merupakan ukuran yang hampir sepadan dengan sinar matahari. Karena itu, penggunaan lampu ini sendiri sangat dianjurkan demi menjaga kesehatan dan kondisi fisik dari burung.

Salah satu bagian dari cara merawat Burung Lovebird pada musim hujan ini sendiri bisa disesuaikan dengan kondisi kandang. Tapi, untuk hasil yang maksimal dan sesuai harapan, baiknya tempatkan lampu ini persis di dalam kandang di bagian atas.

Selain baik dari segi tampilan, penempatan ini juga akan membuat efek sinar lampu ini mampu dirasakan burung secara langsung, sehingga baik untuk kesehatan burung.

2. Gunakan kerodong selalu
Kerodong sendiri adalah aksesoris sangkar berbentuk kain dengan ketebalan dan ukuran yang beragam. Penggunaannya sendiri untuk menghambat udara masuk ke dalam sangkar. Sedangkan pada prakteknya, aksesoris ini umumnya digunakan saat malam hari, saat udara dingin mulai terasa.

Tapi, memanfaatkan  kerodong dalam cara merawat Lovebird saat musim hujan sendiri sangat dianjurkan. Karena dengan manfaat kerodong yang demikian, tentu akan sangat membantu Anda dalam menjaga burung Anda dari udara dingin saat musim hujan.

Penggunaan kerodong sendiri bisa digunakan saat hari sedang hujan, atau saat udara saat itu benar-benar dingin dan tidak baik untuk burung.

3. Menambah asupan pakan
Udara dingin kerap membuat organ pencernaan lebih cepat bekerja, sehingga kerap membuat burung jadi lebih mudah lapar dan membutuhkan asupan makanan yang lebih.

Sebab itu, demi mencegah burung kelaparan, baiknya berikan burung-burung ini asupan makan yang berlebih. Dengan begitu, mereka tidak akan merasa kelaparan dan tetap merasa hangat karena terus mencerna makanan.

4. Berikan multivitamin yang cukup
Cara merawat Lovebird pada musim hujan ini mungkin pelengkap dari semua perawatan lain. Namun meskipun demikian, pemberian multivitamin ini sangat dianjurkan demi menjaga kesehatan dan kebugaran burung di musim hujan.

Itulah beberapa metode perawatan Lovebird di musim hujan. Selain keempat metode tadi, ada beberapa perawatan lain yang harus diperhatikan seperti, mengurangi intensitas mandi, memperbanyak berjemur, menjaga kebersihan sangkar. Jika sudah memperhatikan hal-hal tersebut, maka bisa dipastikan, burung Anda akan tetap sehat dan bugar walau sedang musim hujan.