Cara Merawat Lovebird yang Benar dan Mudah

Advertisement
Advertisement
Cara merawat Lovebird yang benar dan mudah terkadang menjadi problematika tersendiri untuk perawat burung cantik yang satu ini. Walaupun judulnya perawatan yang benar dan mudah, namun tidak sedikit dari cara dan metode tadi yang sulit saat diterapkan.

Tapi perlu Anda tahu. Tidak ada metode yang kalau diterapkan sesuai anjuran. Artinya, selama Anda menerapkan metode ini dengan cara yang sesuai anjuran, maka bisa dipastikan, metode yang Anda gunakan akan terasa mudah dan ringan saat diterapkan. Karena itu, jika Anda ingin menerapkan metode yang mudah, maka terapkanlah metode sesuai anjuran yang ada.

cara merawat lovebird

Tata Cara Merawat Lovebird yang Benar dan Mudah
Jika berbicara mengenai tips, cara, dan metode yang mudah, maka berikut adalah tips yang Anda butuhkan dalam merawat Lovebird (LB):

1. Membuat kandang yang baik dan nyaman
Sebelum Anda mulai merawat burung, buatlah sangkar atau kandang yang nyaman terlebih dahulu. Sebab, dengan adanya kandang dan sangkar yang nyaman, burung yang ada di dalamnya akan terasa aman dan nyaman. Karena itu, buatlah sangkar yang nyaman dan aman untuk burung LB.

Adapun kriteria sangkar yang nyaman sendiri adalah:
  • Sangkar tersebut harus berukuran ideal. Tidak terlalu besar dan tidak pula terlalu kecil. Intinya, pastikan sangkar tersebut nyaman untuk pergerakan burung.
  • Sangkar juga harus mudah dibersihkan. Sebab, cara merawat Burung Lovebird yang benar dan mudah akan selalu bersangkutan dengan kebersihan sangkar. Karena itu, pastikan sangkar yang Anda miliki adalah sangkar yang mudah dibersihkan dan dirawat.
  • Sangkar juga harus memiliki alas khusus. Sebab, dengan adanya alas ini, kotoran burung akan mudah dibersihkan, sehingga tidak mengganggu keindahan sangkar dan kesehatan burung.
  • Sangkar juga harus memiliki tempat pakan dan minum khusus. Namun sebaik-baiknya sangkar, adalah sangkar yang memiliki tempat pakan dan minum yang berada di luar. Sebab, jika tempat pakan dan minum tersebut berada di dalam, dikhawatirkan akan membuat sangkar jadi kotor dan lembab akibat tumpahan pakan dan minum.

2. Pemberian pakan yang berkualitas
Tips merawat Lovebird yang benar dan mudah ini mungkin salah satu yang termudah. Karena dalam merawat burung, khusus LB, memberikan pakan yang berkualitas merupakan perawatan wajib yang paling mudah dan gampang.

 Di samping itu, memberikan pakan yang berkualitas juga akan membuat kesehatan dan performa burung lebih terjaga. Sehingga, apabila Anda ingin burung yang sehat dan performanya baik, segeralah berikan pakan yang berkualitas untuk burung.

Adapun untuk pakan yang dianjurkan untuk tips ini adalah:
  • Milet putih dan merah
  • Buah dan sayur
  • Kangkung
  • Jagung
  • Biji-bijian berkecambah

3. Melakukan perawatan rutin dengan konsisten
Metode merawat Lovebird yang benar dan mudah ini merupakan perawatan yang paling diwajibkan. Pasalnya, tanpa adanya perawatan ini, kesehatan dan performa burung tidak akan terjaga dengan baik. Untuk itu, sangat dianjurkan untuk melakukan perawatan ini demi menjaga kesehatan dan performa burung.

Adapun untuk perawatan rutin yang paling benar dan mudah adalah:
  • Mandikan burung di pagi hari.
  • Setelah dimandikan, burung kemudian diangin-anginkan dan dijemur selama 2 jam.
  • Selanjutnya burung diberi millet dan EF. Takaran pakan sendiri tergantung dari kebutuhan burung.
  • Setelah diberi pakan, segera gantang burung di tempat teduh sembari dimaster selama 3 jam.
  • Jika sudah 3 jam, segera istirahatkan burung dan kembali beri makan burung setelah jam 3 sore.
  • Setelah itu burung bisa diistirahatkan atau dimaster sampai pagi.

Cara merawat Burung Lovebird yang benar dan mudah di atas baiknya diterapkan bagi burung yang akan di lombakan. Sedangkan untuk menambah performa, Anda wajib menerapkan metode khusus yang banyak digunakan oleh para jawara.