Cara Mudah Menjodohkan Burung Lovebird

Advertisement
Advertisement
Sesuai namanya, cara mudah menjodohkan Burung Lovebird adalah cara yang paling simpel dan praktis untuk diterapkan. Sehingga, baik itu pemula atau pun yang sudah master pasti bisa melakukan cara ini dengan mudah dan tanpa masalah serius yang akan timbul.

Namun itu tadi. Walaupun cara ini adalah cara yang mudah, namun Anda juga harus sabar dan tekun dalam menjodohkan burung cantik ini. Karena seperti halnya manusia, burung juga perlu pendekatan untuk merajut asmara dan berkembang biak. Sebab dengan waktu yang cukup burung akan lebih intens dalam melakukan pendekatan dengan lawan jenisnya.

lovebird berjodoh

Cara Menjodohkan Burung Lovebird yang Mudah dan Praktis
Metode penjodohan burung sendiri terbagi menjadi 3 jenis. Dari ketiganya Anda bisa memaksimal proses penjodohan yang efektif dan efesien. Namun Anda juga harus ingat. Efektivitas penjodohan tergantung dari metode dan cara yang Anda gunakan.

Jika cara dan metode yang digunakan adalah cara dan metode yang terbaik, maka metode dan cara ini pun akan menghasilkan hasil yang baik pula.

Namun hal sebaliknya juga berlaku untuk hal semacam yang satu ini. Jika proses dan metode yang digunakan tidak baik dan kurang efektif dan intens, maka hasil yang akan didapat juga pasti tidak akan  baik dan sesuai harapan. Untuk itu, penting hukumnya untuk memilih metode yang tepat dan sesuai dengan anjuran para kicaumania.

 Adapun cara mudah menjodohkan Lovebird yang dianjurkan kicaumania sendiri adalah:

1. Menjodohkan sepasang Lovebird (LB)
Menjodohkan kedua pasang LB merupakan metode yang termudah dari semua metode yang ada. Sebab, pada metode yang satu ini Anda hanya ditekankan untuk menjodohkan dua ekor LB, bukan kelompok LB yang cenderung susah dijodohkan.

Adapun untuk cara menjodohkan LB dengan metode ini sendiri adalah:

  • Siapkan pejantan dan betina LB yang sudah matang atau yang sudah berumur 8 – 12 bulan. 
  • Tempatkan keduanya pada sangkar yang berbeda. Namun untuk mendekatkan keduanya, pastikan sangkar tadi ditempatkan berdekatan, sehingga keduanya bisa saling memandang untuk meningkatkan kedekatan.Jika cara praktis menjodohkan Burung Lovebird ini sudah membuahkan hasil seperti meningkatnya interaksi keduanya, maka masukan kedua burung ini ke satu sangkar yang sama. 
  • Setelah kedua burung dimasukan dalam satu sangkar yang sama, Anda tinggal tunggu keduanya melakukan proses kawin. 

2. Menjodohkan kelompok burung
Masukan kelompok LB jantan dan betina ke satu sangkar yang sama, biarkan mereka berinteraksi dan melakukan pendekatan. Setelah itu, Anda tinggal tunggu salah satu atau beberapa di antara mereka melakukan proses kawin dan berkembang biak.

3. Menjodohkan burung dengan metode poligami
Cara menjodohkan ini tidak berbeda jauh dengan cara nomor satu dan dua. Yang membedakan hanya jumlah pejantan dan betinanya saja. Jika biasanya Anda menjodohkan satu jantan dan satu betina, pada cara mudah menjodohkan Lovebird ini Anda dituntut untuk menjodohkan satu penjantan dan tidak betina.

Adapun untuk proses penjodohannya sendiri bisa dilakukan dengan metode pendekatan seperti nomor satu satu. Atau, jika burung sudah saling dekat dan sering berinteraksi, Anda bisa langsung jodohkan mereka dengan langsung menempatkan mereka ke sangkar kawin.

Perlu diingat. Cara menjodohkan Burung Lovebird di  atas baiknya terus diawasi dengan perhatian yang cukup. Sebab, dalam banyak kasus burung kerap melakukan tindakan beresiko, sehingga menghambat proses perkawinan.