Ciri-Ciri Bakalan Lovebird yang Berkualitas Bagus

Advertisement
Advertisement
Memiliki bakalan burung Lovebird (LB) berkualitas bagus adalah sebuah kebanggaan bagi setiap breeder atau pemilik burung. Sebab, ibaratkan aset yang berharga, bakalan ini kelak akan tumbuh dan menjadi burung dengan kualitas baik saat dewasa nanti. Burung lovebird yang berkualitas tentu akan dihargai sangat mahal (baca: harga lovebird).

Cara mendapatkan burung dengan kualitas ini pun terbilang cukup beragam, ada budidaya sampai dengan membeli di toko atau pasar burung. Namun khusus untuk yang membeli, sebaiknya cermati dulu ciri bakalan yang berkualitas itu seperti apa. Sebab, dari banyak kasus yang ada, tidak sedikit dari pemilik yang tertipu dengan penjual.

lovebird berkualitas bagus, lovebird berkualitas, lovebird bagus

Untuk itu, penting hukumnya untuk mengetahui ciri-ciri bakalan yang berkualitas baik demi mencegah penipuan yang dilakukan penjual.

Beberapa Ciri Bakalan Lovebird yang Berkualitas Bagus
Berikut ini merupakan ciri-ciri bakalan yang berkualitas, yang bisa Anda gunakan saat akan membeli burung cantik ini:

1. Perilaku burung yang aktif
Burung yang memiliki kualitas baik adalah burung yang aktif, sering bergerak dan rajin berkicau. Sebab itu, jika Anda ingin membeli burung bakalan yang baik dan berkualitas, maka pilihlah burung dengan ciri seperti ini. Pasalnya, hampir 95% dari bakalan burung yang memiliki ciri ini adalah burung yang berkualitas baik.

2. Perawakan yang proporsional
Walaupun tidak bisa dijadikan sebagai ciri paten, namun ciri ini sering digunakan banyak kicaumania. Sebab, burung yang memiliki ciri-ciri bakalan Lovebird berkualitas bagus ini  cenderung mudah untuk dilatih, sehingga bisa dibentuk menjadi burung yang tangguh dan gahar di lapangan.
Kata proporsional di sini meliputi banyak anggota tubuh semisal, kepala, ekor, badan, kaki atau pun anggota tubuh yang lain.

Jadi, bakalan burung LB akan dianggap memiliki kualitas bagus apabila anggota tubuh di atas prooporsional dan sesuai dengan anggota tubuh lain. Kendati demikian, tidak jarang juga jawara yang memilikiperawakan yang tidak proporsional. Namun demi mendapatkan burung yang tampil cantik di arena, alangkah lebih baiknya jika burung memiliki perawakan yang proporsional dan ideal.

3. Sehat secara fisik dan mental
Ciri bakalan LB yang berkualitas bagus ini merupakan yang terpenting. Sebab, jika burung tidak memiliki kesehatan dan mental dan yang baik, maka usahakan untuk tidak membelinya.
Hal ini tentu sangat logis. Selain bakalan tidak memiliki kesehatan yang baik dan beresiko memiliki penyakit bawaan, bakalan seperti ini juga kemungkinan tidak bisa diikut sertakan pada kontes saat Ia sudah dewasa.

Karena itu, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, alangkah lebih baik untuk memiliki bakalan dengan mental dan kesehatan yang bagus. Karena burung yang seperti inilah yang mudah dilatih dan dijadikan sebagai burung kontes.

Selain ciri-ciri burung bakalan Lovebird yang berkualitas bagus di atas, masih ada beberapa ciri lain seperti bentuk kepala yang kotak, leher yang padat dan masih banyak ciri fisik lainnya. Tapi dibandingkan dengan ciri yang telah disebutkan di atas, ciri fisik ini hukumnya adalah opsional atau alternatif jika 3 ciri di atas tidak nampak jelas sehingga menyulitkan Anda untuk mengidentifikasi.