Ciri-Ciri Lovebird Siap Lomba

Advertisement
Advertisement
Ciri-ciri Lovebird (LB) siap lomba. Ciri yang banyak digunakan para breeder dunia untuk mengukur seberapa pantas burung kicauannya siap mengikuti kontes. Dengan ciri ini juga breeder bisa menentukan sudah cukup atau kurangkah pelatihan yang Ia berikan pada burung sebelum masuk ke arena lomba.

Ciri-ciri ini pada dasarnya mudah dikenali, sehingga siapa pun Anda, entah itu pemula atau pun yang sudah berpengalaman, pasti tahu dan bisa mengenalinya.

lovebird siap lomba, lovebird lomba

Tapi perlu diingat juga. Ciri-ciri ini sebaiknya harus diperhatikan dengan benar, sebab apabila salah, kerugian pasti akan Anda dapat. Maka dari itu, untuk mencegah kerugian tersebut, sangat dianjurkan untuk teliti dan hati-hati dalam melihat ciri-ciri ini.

Ciri Lovebird yang Sudah Siap Lomba
Inilah beberapa ciri yang bisa digunakan untuk memastikan seekor LB sudah bisa ikut kontes atau tidak:

1. Usia burung yang sudah matang
Ciri ini merupakan yang paling penting. Sebab, walaupun burung sudah memiliki kemampuan yang memukau dan sudah siap ikut lomba, tapi kalau usianya masih belum matang, maka kemungkinan juara pun akan kecil.

Hal tersebut karena burung yang belum matang umumnya kemampuannya masih belum stabil. Kendati hari ini penampilannya sangat memukau, belum tentu besok Ia akan menampilkan penampilan yang sama dengan hari ini. Untuk itu, hindari mengikutsertakan burung yang belum matang.

Ciri-ciri umum LB siap lomba sendiri adalah yang sudah berusia 6 bulan ke atas. Di usia tersebut, burung memiliki kestabilan performa dan kesehatan yang baik, sehingga bisa diikutsertakan ke kontes.

2. Kesehatan yang stabil
Tentu, ciri ini adalah syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh para peserta. Sebab itu, jika Anda ingin sukses dan jadi jawara, maka wajib mengikutsertakan burung yang memiliki kestabilan kesehatan yang baik.

3. Kondisi birahi yang baik
Birahi adalah hal yang sangat menentukan performa burung. Sebab, dengan birahi yang stabil, burung akan memiliki penampilan yang sangat baik.

Namun berbeda dengan burung yang tidak memiliki ciri-ciri burung yang siap lomba ini. Dengan kondisi birahi yang tidak stabil, burung ini akan menampilkan penampilan yang buruk di atas arena, sehingga sangat tidak dianjurkan untuk mengikutkannya pada kontes atau kejuaraan.

4. Burung yang rajin bunyi
Tentu, seekor burung yang rajin bunyi adalah mereka yang sudah siap mengikuti kontes. Apalagi kalau bunyi-bunyian yang Ia keluarkan adalah bunyi-bunyian yang variatif dan menghibur. Sehingga apabila diikutkan, burung ini pasti mendapat penilaian yang baik dari juri.

5. Burung yang latah
Sama halnya dengan rajin bunyi, burung yang latah berbenyi juga sangat cocok untuk diikutkan ke kontes. Pasalnya, burung ini sudah memiliki ciri jawara.

Ya, ciri jawara atau ciri Lovebird siap lomba yang paling sulit ditemui adalah mereka yang latah saat dipancing untuk bunyi. Jadi, jika Anda memiliki burung yang latah dan berbunyi jika dipancing, maka segeralah ikutkan ke kontes. Sebab, dengan kemampuan seperti itu, peluang juara yang dimiliki burung akan semakin besar.

Selain kelima ciri di atas, ciri lain dari burung yang siap kontes adalah, sudah mengalami masa mabung, cukup gizi dan tidak memiliki penyakit bawaan. Jadi, jika burung-burung Anda memiliki ciri-ciri tersebut, segeralah ikut sertakan mereka ke kontes atau kejuaraan.