Penyebab Kegagalan dalam Menangkar Lovebird

Advertisement
Advertisement
Melakukan budidaya burung, khususnya Lovebird, adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Selain menyalurkan hobi, kegiatan ini juga nampu menambah pemasukan. Sebab, dalam banyak kasus, peternak burung ini akan menjual anakan yang sudah siap jual. Dengan kata lain, semakin banyak anakan burung yang dihasilkan, semakin besar pula pendapatan Anda sebagai peternak.

Tapi, sama halnya dengan beternak hewan lain. Berternak burung ini pun memiliki resiko kegagalan. Sehingga, untuk mencegah kegagalan itu muncul, sangat dianjurkan untuk mengetahui penyebab kegagalan, pencegahan dan penanganan kegagalan dalam berterbak. Dengan begitu, kegiatan berternak Anda akan berjalan mulus, tanpa hambatan dan masalah berarti.

lovebird anakan

Penyebab Kegagalan dalam Menangkar Burung Lovebird
Kegagalan merupakan hal yang paling dihindari banyak orang. Sedangkan mencegah kegagalan sendiri merupakan hal wajib yang harus dilakukan.

Selain untuk mencegah kerugian, menghindari kegagalan dalam berternak adalah cara terbaik untuk memperbesar penghasilan. Sebab, saat Anda terhindar dari kegagalan, secara otomatis kegiatan berternak Anda akan berjalan mulus dan tanpa hambatan.

Jika kegiatan kegiatan berternak Anda berjalan tanpa hambatan, maka peluang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar pun akan semakin tinggi dan meningkat. Karena itu, wajib hukumnya untuk mengetahui penyebab dan pencegahan kegagalan dalam beternak Lovebird (LB).

Adapun penyebab umum kegagalan dalam menangkar Lovebird sendiri adalah:

1. Lingkungan yang tidak kondusif
Memang, tidak sedikit dari hewan yang bisa menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan tertentu. Sehingga apabila ditangkar, mereka akan cenderung aktif dan tetap bisa hidup tanpa adanya gangguan atau penyakit akibat lingkungan yang ditempati.

Namun berbeda dengan burungkicauan, khususnya LB. Burung ini merupakan jenis yang cukup rentan dengan lingkungan yang tidak kondisif seperti, kotor, tidak bersih, dan terlalu ramai.
Untuk itu, demi mencegah kegagalan dalam menangkar burung cantik ini, sangat dianjurkan untuk menghindari lingkungan-lingkungan, dan beralih ke lingkungan yang lebih sehat dan kondisif.

2. Perawatan yang buruk
Penyebab kegagalan dalam menangkar Burung Lovebird merupakan penyebab yang paling sering dilakukan oleh banyak orang. Minimnya info tentang rawatan mungkin jadi salah satu alasan mereka melakukan perawatan yang tidak semestinya.

Tapi, bagaimana pun juga. Merewat burung, khususnya burung kicauan seperti LB, perawatan yang dilakukan sebaiknya harus intens dan sesuai dengan kebutuhan dari si burung.
Satu lagi. Terkadang banyak perawat atau penangkar LB yang menggunakan ramuan demi meningkatkan performa. Hal tersebut memang baik untuk dilakukan. Tapi ingat. Tidak semua ramuan itu baik untuk LB. Jadi, sebelum Anda memberikan ramuan tersebut, baiknya pastikan dulu kalau ramuan tersebut aman dan baik digunakan untuk burung kesayangan Anda.

3. Kurang gizi
Selain perawatan yang buruk, kurangnya gizi burung merupakan salah satu dari penyebab kegagalan menangkar Burung Lovebird yang juga banyak digunakan.

Memang sulit menentukan dan mengukur kebutuhan gizi untuk burung. Namun seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kalau LB sendiri adalah burung kicauan yang gemar dengan pakan pokok dan pakan alami yang sehat seperti, Millet, pelet, buah, sayur, kangkung, dan beragam pakan lainnya.
Selain penyebab di atas, ada beberapa hal yang menyebabkan gagalnya penangkaran LB. Beberapa dari penyebab tersebut adalah loyonya pejantan, enggannya indukan betina untuk mengeram, dan proses perkawinan yang tidak berjalan baik.