Ciri-Ciri Lovebird Jawara

Advertisement
Advertisement
Ciri Lovebird jawara terkadang menjadi acuan khusus dalam membeli atau membudidaya Lovebird (LB). Pasalnya, selama LB belum memiliki ciri ini, Ia pasti akan dihargai dengan harga yang murah. Namun berbeda jika Ia memiliki ciri-ciri ini. Karena percaya atau tidak, burung, khususnya LB akan dibanderol dengan harga mahal saat Ia memiliki ciri-ciri layaknya burung jawara.

Tapi sayang. Minimnya pengetahuan akan ciri membuat banyak orang tertipu oleh pedagang nakal. Dengan modal ucapan ucapan dusta akan ciri-ciri burung jawara yang salah, para pedagang ini kerap menipu para penggemar LB yang masih awam.

lovebird jawara

Ciri Lovebird Jawara yang Mudah Dikenali
Karena maraknya penipuan tentang LB jawara, dan untuk menghindari penipuan tadi, berikut adalah ciri-ciri LB jawara yang mudah dikenali:

1. Rajin bunyi
Tentu, seekor LB yang dianggap jawara akan  rajin bunyi, aktif dan memiliki mental jawara. Ia akan menampilkan kicauan yang mantab, dengan isian yang lengkap dan variatif, sehingga mampu menghibur siapa saja yang ada di dekatnya.

2. Aktif bergerak
Burung jawara pasti akan selalu sehat dan aktif. Selama Ia tidak sakit atau menderita sebuah penyakit tertentu, Ia pasti akan selalu bergerak ke sana kemari. Gerakan yang aktif ini juga diimbangi dengan fisik yang prima dan sehat.

3. Memiliki bentuk fisik ideal
Ciri umum Lovebird jawara ini mungkin sering digunakan banyak orang untuk menentukan LB mereka masuk kriteria jawara atau tidak.

Padahal, jika kita bandingkan penilaian antara tampilan dan kemampuan, justru kemampuan yang jadi tolak ukur utama dalam menentukan seekor burung jawara atau tidak. Tapi itu tadi, tidak ada jawara yang tidak memiliki bentuk fisik yang baik.

Maka dari itu, seekor LB yang jawara harus memiliki bentuk fisik seperti:

3.1. Badan yang tegap berisi.
3.2. Kaki yang kuat.
3.3. Bentuk sayap yang ideal.
3.4. Memiliki bentuk leher yang padat berisi.
3.5. Paruh yang kuat.
4. Bermental baja

Ciri khusus Lovebird jawara ini harus dimiliki kalau ingin jadi yang terbaik dalam sebuah kontes. Sebab, dalam sebuah kontes tidak hanya mementingkan skill dan tampilan saja, tapi mental juga harus dimiliki oleh setiap burung jawara.

Perlu Anda tahu. Setiap peserta kontes, baik manusia atau pun burung, mental adalah yang paling menentukan. Pasalnya, tanpa mental yang kuat, sebaik apa pun persiapan dan skill yang dimiliki peserta tidak akan keluar kalau tidak memiliki mental yang baik.

4 ciri di atas merupakan ciri umum Lovebird yang jawara. Namun selain ciri di atas, burung jawara juga harus memiliki ciri lain seperti, memiliki kesehatan yang terjaga, nafsu makan yang baik, tampilan bulu yang indah, dan masih banyak lagi.