Cara Merawat Lovebird yang Sedang Mabung

Advertisement
Advertisement
Cara merawat Lovebird (LB) yang sedang mabung pada dasarnya gampang-gampang susah, tergantung bagaimana cara yang digunakan dan penerapan dari cara itu sendiri. Sebab, setiap cara perawatan adalah kunci dari kesuksesan menangkar burung cantik ini. Maka dari itu, pilihlah metode yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan burung.

Mabung sendiri adalah kondisi dimana burung mengalami kerontokan bulu secara bertahap. Namun pada kondisi ini metabolisme dan kekebalan tubuh umumnya menurun, sehingga perlu adanya penanganan untuk mencegah timbulnya penyakit dan mempercepat proses burung mabung.

gambar lovebird mabung, gambar lovebird, lovebird mabung

Cara Terbaik Merawat Lovebird yang Sedang Mabung
Berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk merawat dan melatih burung yang sedang mengalami mabung:

1. Hentikan proses penjemuran
Tanpa adanya bulu, kulit LB akan cenderung lebih sensitif, sehingga mudah kering dan tidak sehat. Sebab itu, sangat dianjurkan untuk tidak menjemur burung yang sedang mabung dalam kondisi apapun.

Justru itu, demi mempercepat proses mabung, burung lebih dianjurkan untuk ditempatkan di tempat-tempat yang lembab. Tempat lembab sendiri sangat bagus untuk pertumbuhan bulu, sehingga proses mabung nantinya akan cepat selesai.

2. Tempatkan di tempat yang sepi dan tenang
Cara mudah merawat burung Lovebird yang sedang mabung ini sangat baik dilakukan, khususnya untuk membuat burung jadi lebih percaya dan diri dan tidak kehilangan mental bertarung.
Karena perlu Anda ketahui. Layaknya manusia dan makhluk hidup lainnya, burung ini pun punya rasa malu pada penampilan yang berantakan. Dengan tidak adanya bulu, bisa dijamin, mereka pasti akan malu dan tidak percaya diri. Maka dari itu, demi menjaga mental tanding burung, baiknya pisahkan burung yang mabung dengan koloninya. Karena selain untuk menjaga mental tanding, cara ini juga membantu mempercepat proses pertumbuhan bulu.

3. Jangan terlalu sering memandikan burung
Proses mandi yang terlalu sering akan membuat tubuh LB jadi lebih kering dan tidak lembab. Untuk itu, cara merawat LB yang sedang mabung agar cepat tumbuh bulu adalah dengan tidak terlalu sering memandikannya.

Kendati demikian, untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjaganya dari kontaminasi bakteri yang dapat mengganggu kesehatan, Anda juga harus tetap memandikan burung minimal 1 kali dalam seminggu.

Proses pemandian sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara, tergantung dari kebiasaan dan keingingan dari sang burung. Namun pada kondisi ini, lebih baik mandikan burung dengan metode sprayer yang lembut. Hal ini dilakukan untuk mencegah burung kedinginan.

4. Perbanyak asupan pakan
Burung mana pun, baik itu Kenari, Murai Batu, Pleci atau yang lainnya, saat mabung mereka pasti akan membutuhkan asupan pakan yang lebih banyak. Sebab itu, cara terbaik merawat Lovebird mabung adalah dengan memberinya pakan dengan porsi yang banyak. Tapi, porsi yang banyak saja tidak cukup. Kebutuhan nutrisi pada burung yang mabung cenderung meningkat, sehingga perlu ditunjang dengan asupan pakan bernutrisi yang cukup dan seimbang. Namun selain diberikan pakan yang banyak dan bernutrisi, burung juga wajib diberi multivitamin, sehingga asupan nutrisinya lebih terjamin.

5. Jangan dulu paksa mereka untuk berkicau
Ini penting! Sebab, pada kondisi ini burung akan cenderung lebih pasif dan tidak mampu menampilkan performa sebagaimana mestinya. Kalau pun Anda paksa, itu pasti akan berdampak burung pada kesehatan dan performa burung nantinya. Dan jelas, jika kondisi ini Anda paksakan, proses mabung kemungkinan akan berlangsung lebih lama dari biasanya.

Itulah beberapa cara sukses merawat burung LB yang mabung. Dengan menerapkan cara di atas, diharapkan burung akan menjalani masa mabung yang lebih cepat dari biasanya.