Cara Menangkar Lovebird di Sangkar Harian dan Berhasil

Advertisement
Advertisement
Menangkar Lovebird (LB) di sangkar harian adalah salah satu cara baru untuk meraih sukses dalam membudidaya LB. Pasalnya, selain lebih praktis dan irit tempat, kegiatan menangkar ini juga irit biasa, sehingga cocok untuk Anda yang ingin memulai bisnis budidaya LB namun tidak punya modal besar.

Kegiatan penangkaran ini pun terbilang cukup menggiurkan. Dengan modal yang minim dan biaya perawatan yang lebih murah, membuat tidak sedikit orang kini beralih menggunakan metode penangkaran ini.

menangkar lovebird, menangkar lb

 Namun Anda juga harus ingat. Setiap kegiatan dan metode penangkaran pasti punya resiko kegagalan tersendiri, begitu pun dengan metode yang satu ini. Maka dari itu, untuk menghindari resiko kegagalan tersebut sangat dianjurkan untuk menerapkan cara-cara menangkar LB di sangkar harian.

Cara Penangkaran Burung dengan Sangkar Harian
Untuk Anda yang ingin menangkar burung dengan sangkar harian, terapkan metode berikut agar merengkuh keberhasilan:

1. Siapkan sangkar harian
Sangkar harian merupakan sangkar kecil yang digunakan untuk membudidaya burung. Berbeda dengan kandang atau pun sangkar biasa, bentuk dan ukuran sangkar ini cenderung lebih kecil, sehingga bisa ditempatkan dimana pun tanpa perlu repot dengan urusan tempat.

Ukuran dari sangkar ini sendiri adalah 35 x 35 cm, dengan bahan baku berupa rotan yang diberi tumpukan jerami atau kulit nanas di atasnya. Penempatan sarang ini sebaiknya ditaroh di tempat yang nyaman, tidak terlalu panas atau pun lembab. Cara menangkar burung Lovebird di sangkar harian ini penting. Sebab hal ini akan membuat burung lebih nyaman dan betah berada di sangkar. Jangan lupa juga tempatkan sangkar ini di tempat yang jauh dari jangkauan manusia dan predator, kalau perlu, tempatkan sarang ini di tempat yang tinggi.

2. Siapkan indukan yang berkualitas
Indukan di sini baiknya yang sudah berusia matang, antara 8 – 12 bulan. Jangan lupa, indukan juga harus sepasang, masing-masing berkelamin jantan dan betina. Jika ingin anakan yang memiliki kualitas unggul, sangat disarankan untuk memilih indukan yang berkualitas, tidak memiliki penyakit atau pun cacat. Dengan kriteria indukan yang demikian, maka bisa dijamin, anakan yang akan dihasilkan akan berkualitas baik dan sempurna.

Cara penangkaran burung LB di sangkar harian ini sendiri sangat penting. Sebab sudah kita ketahui bersama kalau indukan yang baik akan menghasilkan anakan yang baik. Karena itu, jika Anda ingin hasil anakan yang baik dan sesuai harapan, pilihlah indukan dengan kualitas terbaik.
Satu lagi. Karena ini adalah sangkar harian dan tidak memungkinkan untuk melakukan pendekatan antara indukan jantan dan betina, sebaiknya pilih indukan yang sudah klop dan berjodoh. Karena jika tidak, proses perkawinan akan berjalan lama dan tidak efektif.

3. Proses perkawinan
Karena sudah berjodoh, Anda tidak perlu lagi melakukan upaya apa pun untuk menyukseskan proses ini. Cukup simak, perhatikan dan waspada. Apabila ada tindakan yang membahayakan antar indukan, segera tangani.

4. Pelolohan
Tips menangkar Lovebird di sangkar harian dan berhasil ini adalah kunci dari semua tips yang ada. Sebab, dibandingkan dengan metode penangkaran lain, metode ini lebih mengacu pada bagaimana merawat anakan secara maksimal.

Jika biasanya anakan setelah menetas akan dipindahkan ke sangkar lain, berbeda dengan metode yang satu ini. Sebab, setelah telur menetas, anakan tidak akan langsung dipindahkan dari indukannya, melainkan dibiarkan dilolohkan oleh indukan sampai 15 hari, Baru, setelah 12 hari lamanya, anakan bisa dilolohkan secara manual dan diberi cincin. Baru, setelah 3 minggu, anakan tadi bisa dipanen dan dipisahkan dari indukan untuk kemudian dibudidayakan kembali atau dijual.

Itulah beberapa cara mudah menangkar Lovebird di sangkar harian. Namun hati-hati, metode ini mungkin saja mudah, tapi sangkat banyak resiko yang akan dihadapi nantinya. Maka dari itu, perlu hati-hati dalam menerapkannya.