Mengatur Birahi dan Menyiapkan Lovebird Jantan untuk Lomba

Advertisement
Advertisement
Mengatur birahi dan menyiapkan Lovebird jantan untuk lomba mungkin menjadi hal yang sulit untuk dilakukan kalangan pemula. Namun tak berbeda dengan jauh kalangan pemula. Terkadang, hal ini pun sulit dilakukan oleh kalangan master Lovebird (LB).

Meskipun mereka sudah terbiasa dengan tingkah pola LB, namun ketidakstabilan performa dan birahi LB, khususnya yang jantan, membuat mereka kerap kesulitan dalam menerapkan hal ini. Karena perlu Anda tahu. Sebagian besar jawara LB di Indonesia adalah LB betina. Meskipun LB jantan memiliki peluang untuk jadi jawara, namun ketidakstabilan birahi jantan membuatnya sulit untuk menjadi yang terbaik pada sebuah kontes.

lovebird lomba, lovebird birahi

Cara Mengatur Birahi dan Menyiapkan Lovebird Jantan untuk Lomba
Memang, dalam banyak kasus, betina lebih diunggulkan karena sifatnya yang lebih tenang, aktif, dan durasi ngekek-nya juga lebih panjang dari pejantan, sehingga memungkinkan betina jadi favorit jawara pada banyak kontes.

Tapi itu tadi. Pejantan juga memiliki peluang jadi jawar dengan syarat, burung yang Anda miliki adalah burung yang memiliki skill dan usia yang matang, mental yang baik dan kondisi birahi yang stabil. Tapi, jika kondisi birahi burung belum stabil.

Adapun untuk cara untuk mengatur birahi dan menyiapkan Lovebird jantan untuk lomba sendiri adalah berikut:

1. Lakukan karantina selama 5 hari sebelum lomba berlangsung
Cara ini merupakan yang paling wajib, yang harus dilakukan oleh setiap perawat LB jantan sebelum lomba. Pasalnya, jika mereka melakukan ini, kondisi mental dan kestabilan LB akan lebih terjaga. Sehingga memungkinkan LB untuk lebih tenang saat kontes berlangsung.

Karantina sendiri dilakukan dengan menempatkan burung ini pada ruangan khusus yang jauh dari jangkauan LB lain.

2. Pemberian pakan yang berkualitas
Untuk masalah ini, pastikan pakan yang diberikan adalah pakan yang sehat dan baik untuk perkembangan performa burung.

Tidak perlu pakan yang beraneka ragam, berikan saja mereka pakan sehat seperti, jagung dan biji-bijian yang kaya nutrisi. Jangan lupa untuk berikan buah dan sayur yang kaya akan vitamin, yang baik untuk perkembangan performa burung.

3. Melakukan charging
Cara terbaik mengatur birahi dan menyiapkan Lovebird jantan untuk lomba ini mungkin yang paling banyak digunakan banyak orang. Tapi, jika Anda menerapkan cara ini, pastikan untuk selalu membawa charger untuk burung Anda. Sebab, tanpa adanya charger tersebut, kondisi birahi pejantan yang mungkin untuk meledak-ledak dan sulit di atas.

Untuk hal ini, charger yang dimaksud adalah betina yang sudah matang dan siap kawin. Sebab, dalam banyak kasus, betina adalah hal terbaik untuk mengatur dan menjaga kestabilan birahi pejantan.
Maka dari itu, jika Anda ingin menjaga birahi sang jantan untuk lomba, pastikan untuk menyiapkan LB betina sebagai charger-nya.

Metode mengatur birahi dan menyiapkan Lovebird jantan untuk lomba di atas merupakan cara yang tidak bisa berdiri sendiri. Denga kata lain, jika Anda ingin pejantan benar-benar siap lomba, selain menerapkan cara di atas, Anda juga harus menerapkan perawatan rutin.