Manfaat Menjemur dan Memandikan Lovebird, Lengkap dengan Caranya

Advertisement
Advertisement
Manfaat menjemur dan memandikan Burung Lovebird tentu menjadi pelucut untuk tetap semangat melakukan aktivitas rutin yang satu ini. Sebab bagaimana pun juga, perawatan sederhana ini merupakan yang paling mudah dan simpel, sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja.

Tapi tentu saja. Menjemur dan memandikan burung peliharaan tidak akan membuahkan manfaat yang baik kalau penerapan dan cara yang digunakan adalah cara yang asal dan sembarang.

menjemur lovebird, memandikan lovebird

Untuk itu, demi mendapatkan manfaat yang kita harapkan, sangat dianjurkan untuk menjemur dan memandikan burung kicauan dengan metode dan cara yang telah dianjurkan. Kendati sederhana dan sering disepelekan, namun penerapan yang baik dan sesuai anjuran akan mendapatkan hasil yang baik pula.

Cara Menjemur dan Memandikan Lovebird, Lengkap dengan Manfaatnya
Menjemur dan memandikan burung kicauan memang mudah dilakukan. Namun demi hasil dan manfaat yang lebih maksimal, maka berikut adalah cara-cara yang paling dianjurkan dalam menjemur dan memandikan burung peliharaan, lengkap dengan manfaat dan tahapannya:

1. Memandikan burung
Memandikan burung sebaiknya dilakukan di pagi hari, sekitar jam 6.30 sampai jam 7.30. Selain baik untuk kesehatan burung, memandikan burung di jam tersebut akan membuatnya lebih rileks dan siap menjalami rutinitas di hari tersebut.

Manfaat utama memandikan Lovebird sendiri terbilang banyak. Selain untuk menjaga performa dan birahi burung ini, mandi juga menjaganya dari bahaya kuman dan kutu yang tumbuh subur pada tubuh yang kotor dan jarang dimandikan.

Adapun tahapan memandikan burung sendri adalah berikut:
  • Siapkan keramba atau sprayer yang nantinya digunakan sebagai media mandi.
  • Siapkan burung yang akan dimandikan dan pastikan Ia dalam kondisi yang sehat untuk dimandikan.
  • Setelah dirasa siap dan sehat untuk dimandikan, segera mandikan dengan metode yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan burung. 
  • Ingat, jangan mandikan terlalu lama. Dan untuk menjaganya tetap sehat dan bugar, pastikan air yang digunakan adalah air bersih dan mandikan paling lama 15 menit per sekali mandi.

2. Menjemur burung
Manfaat menjemur Lovebird sendiri tidak jauh berbeda dengan memandikan burung Lovebird (LB). Karena selain menjaga stamina dan performanya, menjemur burung juga akan membuatnya lebih sehat, segar, bebas jamur dan bakteri, dan punya nafas yang panjang.

Adapun tata cara menjemur burung yang paling efektif adalah:
  • Siapkan burung yang akan dijemur.
  • Jika sudah, tempatkan burung di wilayah terbuka dan terkena matahari langsung.
  • Lakukan penjemuran ini paling tidak 1 – 2 jam per hari. 
  • Namun perlu diingat. Jangan pernah menjemur burung di atas jam 10 pagi agar kondisi burung lebih sehat dan bugar.

Manfaat menjemur dan memandikan Lovebird, lengkap dengan caranya di atas, adalah cara dan metode yang paling efektif dan efesien. Sehingga jika Anda mendapati masalah yang serupa, Anda bisa menanganinya dengan metode dan cara yang sudah disebutkan di atas.