Penyebab Lovebird Mati Mendadak

Advertisement
Advertisement
Penyebab Lovebird mati mendadak adalah satu dari beberapa hal tentang Lovebird (LB) yang harus Anda ketahui. Pasalnya, sudah bukan lagi rahasia kalau LB serta beberapa jenis burung kicauan lainnya adalah hewan yang mudah mati.

Namun berbeda dengan hewan atau makhluk lain. Burung kicauan, khususnya LB, ada jenis hewan yang mudah sekali mati, sehingga perlu pencegahan dan penanganan khusus agar burung cantik ini tidak mati secara mendadak. Dan salah mengetahui penyebab LB mati tanpa sebab adalah satu dari beberapa pencegahan utama. Untuk itu, sangat penting untuk Anda mengetahui penyebab-penyebab burung cantik ini mati mendadak.

lovebird mati mendadak, lovebird mati

Penyebab Burung Lovebird Mati Mendadak
Berikut ini adalah beberapa hal yang dianggap menyebabkan seekor LB mati mendadak:

1. Stroke karena kepanasan
Menjemur burung terlalu lama adalah tindakan yang harus dihindari. Sebab, kegiatan ini adalah salah satu penyebab burung dehidrasi dan stroke. Untuk itu, demi mencegah hal ini terjadi, alangkah baiknya untuk menjemur burung cantik ini paling banyak 1 – 2 jam per hari.

Waktu tersebut dinilai ideal untuk burung. Namun waktu berjemur juga bisa Anda tambah untuk menambah stamina dan kebugaran burung. Tapi perlu diingat juga. Penambahan waktu berjemur hanya berlaku untuk satu atau dua hari saja. Sedangkan untuk hari berikutnya sangat dianjurkan kembali memberlakukan waktu normal, yaitu 1 – 2 jam per hari.

2. Stres
Penyebab utama Lovebird mati mendadak ini merupakan yang paling sering terjadi. Karena menurut fenomena yang terjadi di lapangan, burung yang kerap mengalami stres akan kehilangan nafsu makan. Ia akan uring-uringan, jarang makan dan berujung pada sakit. Jika tidak segera diatasi burung ini pun akan segera mati.

3. Mengonsumsi sayur atau buah yang beracun
Pakan alami LB adalah buah dan sayur. Namun tidak semua jenis buah dan sayur bisa dikonsumsi oleh burung cantik ini. Sebab, dari beberapa buah dan sayur yang ada, ada beberapa yang tidak bisa dikonsumsi karena mengandung racun dan berbahaya untuk kesehatan.

4. Diberi pakan yang tidak sewajarnya
Penyebab Burung Lovebird mati mendadak ini kerap dilalaikan oleh banyak orang. Karena dengan motivasi untuk mendapatkan juara, terkadang pemilik dan perawat burung kerap menggunakan obat atau ramuan khusus.

Memang, memberi ramuan tidaklah salah. Namun bila ramuan yang diberikan tidak menyehatkan dan mahal membuat LB sakit, maka sebaiknya hindari ramuan itu dan carilah makanan yang lebih sehat dan nyaman dikonsumsi oleh burung.

Penyebab Burung Lovebird mati mendadak merupakan yang paling sering ditemui di berbagai kasus. Dengan mengetahui penyebab di atas, diharapkan Anda selaku pemilik dan perawat burung cantik ini akan lebih peduli dengan kesehatan dan kebugaran mereka.