Perawatan Lovebird pada Musim Panas

Advertisement
Advertisement
Perawatan Lovebird (LB) pada musim panas merupakan jenis perawatan yang juga harus Anda terapkan dengan benar. Tentu saja, dengan adanya 2 musim di Indonesia, yaitu panas dan hujan, tentu Anda harus menerapkan variasi rawatan ini selain variasi rawatan musim hujan.

Namun sama halnya dengan rawatan pada umumnya. Variasi rawatan ini sendiri bertujuan untuk menjaga kondisi burung di musim panas. Menjaganya tetap bugar, bebas penyakit dan terhindar dari gangguan pernafasan akibat menghirup udara kering yang kotor.

lovebird di musim panas

Cara Merawat Lovebird pada Musim Panas
Berikut adalah rawatan pada musim panas yang bisa Anda terapkan untuk menjaga performa dan kesehatan LB:

1. Selalu kontrol persediaan air minum
Musim panas adalah musim yang paling melelahkan, membuat siapa pun pasti mudah haus dan ingin selalu minum. Tidak terkecuali dengan burung cantik ini. Ia akan selalu minum, bahkan dengan porsi yang lebih banyak di musim panas.

Hal ini memang wajar. Sebab, dengan panasnya suhu yang ada, cairan dalam tubuh akan mudah menguap dan habis, sehingga memungkin burung untuk selalu minum dengan porsi yang banyak demi mencegah dehidrasi.

Cara mudah merawat Lovebird  pada musim hujan dengan mengontrol minumannya sendiri terbilang penting. Pasalnya, dengan melakukan hal ini, burung akan lebih terhindar dari yang namanya dehidrasi yang dapat mengganggu kesehatan burung.

2. Tetap lakukan rawatan harian sebagaimana mestinya
Kondisi cuaca yang panas tidak boleh menyurutkan semangat Anda untuk memberikan perawatan rutin pada burung. Sebab, dengan memberikan perawatan tersebut, kondisi burung akan lebih terjamin, baik itu dari segi kesehatan, performa, tampilan atau pun yang lainnya.

3. Hindari penempatan sangkat yang dekat dengan ventilasi
Udara kering adalah penyebab dari seraknya suara burung. Sebab itu, untuk mencegah hal itu terjadi, segeralah tempatkan sangkar burung ke tempat yang lebih ideal dan jauh dari hembusan udara kering yang dapat mengganggu kesehatan pita suara burung.

4. Beri pakan yang berkualitas dan berair
Cara merawat Lovebird yang benar pada musim panas ini mungkin sedikit umum untuk didengar. Namun jika dilihat dari kenyataan yang ada, justru memberikan pakan yang berkualitas dan berair ini akan membuat burung jadi lebih nyaman dan tidak kehausan.

Walaupun burung mendapatkan asupan air dari air minum yang Anda berikan, namun dengan memberikan pakan sayur atau buah yang berair seperti timun, tomat dan beragam buah dan sayur lainnya, burung akan lebih suka karena lebih segar dan cocok dengan suasa saat itu.

5. Berikan multivitamin
Multivitamin adalah hal wajib yang harus Anda berikan pada burung kesayangan Anda. Sebab, tanpa adanya benda ini, asupan gizi burung akan sedikit terganggu, sehingga berpotensi menimbulkan malgizi yang berujung penyakit. Sebab, cara terbaik merawat Lovebird di musim panas tersebut harus senantiasa dilakukan demi kesehatan dan performa burung.

Perlu dicatat. Kelima cara di atas adalah cara terbaik untuk menjaga kondisi burung di musim panas. Jadi, bagi Anda yang ingin tetap memiliki burung dengan performa baik dan memukau di musim panas, selain menerapkan rawatan rutin, Anda juga bisa gunakan perawatan seperti yang sudah disampaikan di atas.