Tanda Tanda Indukan Lovebird Akan Bertelur

Advertisement
Advertisement
Lovebird (LB) adalah burung dengan kecantikan dan kualitas suara yang sangat memukau. Tampilan bulunya yang cantik dengan diimbangi dengan kualitas suara yang baik, membuat burung ini menjelma menjadi burung kicauan yang banyak digemari di berbagai dunia.

Perawatan dan pelatihan burung ini pun terbilang mudah, sehingga memungkinkan Anda untuk merawat burung cantik ini. Bahkan jika Anda ingin ambil untung, cobalah untuk membudidayanya. Dengan begitu, keuntungan akan mudah Anda dapat. Dengan begitu penghasilan Anda akan bertambah dan tentunya sangat menguntungkan untuk Anda.

indukan lovebird

Namun itu dia, membudidaya LB sendiri harus memperhatikan beberapa hal. Dan salah satu dari hal tersebut adalah mengenal tanda indukan LB yang akan bertelur.

Mengenal Tanda-Tanda Indukan Lovebird Akan Bertelur
Manfaat dari mengenal tanda-tanda ini sendiri sangat banyak. Selain dapat melakukan penanganan secara sigap dan cepat saat indukan akan bertelur, mengetahui tanda-tanda ini juga akan membuat Anda lebih berhati-hati dalam merawat dan melatih burung cantik ini.

Jika dilihat dari segelintir manfaat di atas, sudah barang tentu kalau mengenal tanda-tanda ini merupakan perkara wajib untuk setiap peternak. Sebab, jika peternak tidak mengetahui perkara ini, bisa-bisa burung kesayangan mereka akan bertelur sembarangan. Jika sudah begitu, maka bisa dipastikan kalau telur-telur yang dikelurkan tadi akan memiliki potensi menetas yang amat kecil.
Karena itu, untuk mencegah hal itu terjadi, maka wajib hukumnya mengetahui tanda-tanda indukan Lovebird akan bertelur seperti berikut:

1. Terjadinya peningkatan berat badan yang bertahap
Sama halnya dengan wanita yang sedang mengandung. Indukan betina pun kalau akan bertelur pasti memiliki berat badan yang meningkat secara bertahap. Baru, setelah telur tadi keluar dan dierami, berat badan indukan akan terpalahan menurun.

2. Nafas yang berat atau terengah-engah
Ciri ini umumnya timbul pada indukan betina yang sedang mengandung di usia kandungan sudah matang atau siap menetas.

Saat indukan tadi akan bertelur, nafasnya akan cenderung berat dan terengah-engah. Hal itu terjadi karena telur dalam tubuh indukan akan menekan organ dalam burung, termasuk organ pernafasan. Sehingga, dalam melakukan proses pernafasan, indukan akan mengalami sedikit kesulitan.
Tapi, tanda indukan Lovebird akan bertelur ini akan segera reda saat telur sudah berhasil dikeluakan dalam perut indukan. Sebab itu, jika indukan LB Anda mengalami sesak nafas, segera cek perut dan pantatnya, apakah ada indikasi mengandung atau tidak.

3. Pantat yang membasar dan mengeras
Seperti yang disebutkan dalam tanda nomor 2. Kalau ingin mengetahui indukan betina sedang mengandung telur atau tidak, cek saja pantatnya, apakah keras dan besar atau tidak. Jika Ia, maka indukan indukan tersebut akan bertelur dengan segera. Namun jika tidak, maka indukan tidak akan bertelur.

Tanda- tanda indukan Burung Lovebird akan bertelur ini mengacu pada hukum dasar proses bertelur burung. Dimana saat telur akan keluar, telur akan bergerak ke bagian pantat burung, sehingga membuat pantat tersebut membesar dan mengeras.

4. Suka berdiam diri di dalam sangkar
Ciri yang satu ini baru akan terjadi apabila burung sudah mendekati waktu bertelur. Karena jika waktu bertelur tinggal hitungan hari atau jam, indukan akan berada dalam sarang untuk persiapan proses bertelur.

Tindakan ini sendiri merupakan tindakan alami. Sehingga bisa dikatakan kalau tindakan ini merupakan ciri umum dari indukan betina yang akan bertelur. Sedangkan untuk memastikan indukan tadi benar akan bertelur atau tidak, silahkan pastikan dengan memperhatikan tanda-tanda yang ada di atas.

Tanda-tanda indukan Lovebird akan bertelur di atas merupakan tanda yang paling sering ditemui pada indukan yang benar akan bertelur. Meskipun ada tanda lain seperti indukan yang gemar merangkai sarang atau semacamnya, namun tanda di ataslah yang paling mendekati benar.